Baznas Sumsel himpun zakat Rp4 miliar lebih

id baznas, zakat, dana terkumpul, Najib Haitami, berhak menerima zakat

Baznas Sumsel himpun zakat Rp4 miliar lebih

Badan Amil Zakat Nasional (Antarasumsel.com/Grafis/Istimewa)

Palembang (Antarasumsel.com) - Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Selatan sejak Januari hingga Juni 2017 ini telah menghimpun zakat masyarakat provinsi setempat lebih dari Rp4 miliar.

Dana zakat yang berhasil dihimpun tersebut sebagian besar telah disalurkan kepada masyarakat yang berhak seperti kaum dhuafa, fakir miskin, penjaga masjid, dan guru mengaji, kata Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel Najib Haitami, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, penghimpunan zakat tersebut akan terus ditingkatkan, sehingga bisa lebih banyak lagi masyarakat yang berhak menerima zakat.

Untuk memaksimalkan penghimpunan zakat, pihaknya melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta serta membuka pojok zakat di sejumlah pusat kegiatan masyarakat dan tempat lainnya, katanya.

Dia menjelaskan, penyaluran zakat yang berhasil dihimpun petugas Baznas akan dilakukan secara selektif sehingga tidak salah sasaran.

"Penyaluran zakat perlu dilakukan dengan baik sehingga masyarakat yang telah menitipkan zakatnya semakin percaya dan bisa lebih banyak lagi yang memanfaatkan Baznas," ujarnya.

Selain penyaluran zakat pada momentum khusus seperti Lebaran Idulfitri ini, pihaknya juga rutin menyalurkan dana melalui beberapa program seperti Program Sumsel Cerdas, Sumsel Sehat, Sumsel Makmur, Sumsel Taqwa, dan Sumsel Peduli.

Program Sumsel Cerdas diperuntukkan penyaluan zakat kepada anak pintar dan berprestasi, Sumsel Sehat untuk perbaikan gizi masyarakat kurang mampu, Sumsel Peduli diperuntukkan guru mengaji, kata dia.