Kapolda tinjau arus mudik Bandara Palembang

id kapolda, tinjau bandara

Kapolda tinjau arus mudik Bandara Palembang

Kapolda tinjau Bandara Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (Antarasumsel.com ) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama jajarannya melakukan peninjauan arus mudik di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Jumat.

"Baik di bandara, stasiun kereta maupun terminal kami meningkatkan keamanan dan pengawasan serta melakukan tes narkoba terhadap para sipir," kata kapolda.

Hasil peninjauan dan pengawasan serta tes narkoba, didapati 28 sopir positif mengkonsumsi narkoba dari 328 sopir Terminal Indralaya yang mengikuti tes narkoba beberapa hari lalu.

Kapolda juga meningkatkan pengawasan dengan melakukan tes serupa di Terminal Alang-Alang Lebar, Stasiun Kertapati, dan Bandara SMB II.

"Di Bandara selain tes yang dilakukan kepada pilot, kami juga mengadakan tes pada kru dan sopir angkutan taksi di lingkungan Bandara," katanya.

Sementara, tidak hanya itu untuk mengantisipasi gangguan keamanan lain seperti terorisme dan peredaran narkoba, Polda Sumsel juga mengerahkan satuan anjing pelacak sebagai bentuk antisipasi.

"Tim anjing pelacak ini akan mengantisipasi adanya barang berbahaya jangan sampai ada yang lolos dari pengawasan kita," ungkap dia.

Pada kesempatan tersebut Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo juga meninjau arus mudik di SMB II.

Menurut Wahju, bila dibandingkan bandara di Pulau Jawa, bandara di Sumatera seperti SMB II termasuk bandara yang tergolong aman dari kepadatan penumpang.

"Bila arus mudik di Jawa memang tidak dapat kita pungkiri kepadatannya," kata dia.

Ia menjelaskan, tahun ini jumlah arus mudik melalui angkutan udara mengalami peningkatan terbanyak yaitu sebesar 9,8 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal ini berbanding lurus dengan arus mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bermotor.

Sementara arus mudik dengan kendaraan Bus baik AKAP maupun AKDP mengalami penurunan hingga dua persen.

"Musim mudik ini bisa dikatakan tergolong aman dan untuk Bandara SMB II puncak sudah terjadi semalam, dan hari ini mulai ada penurunan namun tidak signifikan," kata dia.

GM Angkasa Pura II Bandara SMB II Iskandar Hamid yang turut mendampingi peninjauan juga memprediksi arus mudik lewat jalur udara masih akan terjadi hingga hari Idul Fitri, hanya saja puncak ramai masih terjadi di dua hari sebelum lebaran.