Jalinsum Bakauheni-Bandarlampung makin dipadati arus mudik

id arus kendaraan, mudik, bakauheni, jalinsum, arus mudik
Jalinsum Bakauheni-Bandarlampung makin dipadati arus mudik
Dokumentasi pemudik . (ANTARA FOTO/Budi Setya)
Bakauheni (Antarasumsel.com)- Jalan Lintas Sumatera ruas Pelabuhan Bakauheni- Bandarlampung makin dipadati kendaraan pemudik, terutama sepeda motor dan mobil pribadi, pada Jumat sore atau dua hari menjelang Lebaran 2017.

Berdasarkan pantauan dari kawasan RS Imanuel Bandarlampung hingga kawasan Bakauheni Lampung, arus mudik didominasi kendaraan dari Pulau Jawa, meski mobil dan motor pemudik dari Sumatera ke Jawa juga makin meningkat volumenya.

Meski padat, arus kendaraan pemudik umumnya lancar, kecuali di sejumlah perempatan yang tersendat atau terhalang truk yang masih ada yang melintas.

Para pemudik motor juga terlihat tetap melaju di Jalinsum meski hujan gerimis sedang berlangsung dan kondisi jalan agak licin di beberapa titik sehubungan pembangunan Tol Trans Sumatera.

Puncak arus mudik dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya di Jalinsum Lampung diperkirakan terjadi pada Jumat ini.

Sementara itu, Pelabuhan Bakauheni tetap disesaki penumpang dan kendaraan yang diangkut kapal feri dari Pelabuhan Merak Banten. Arus mudik dari Sumatera  ke Jawa jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan jumlah penumpang asal Merak Banten.

Sebanyak tujuh dermaga di Pelabuhan Bakauheni dioperasikan untuk mempercepat bongkar muat penumpang dan isi kapal feri.

Data PT ASDP Bakauheni menunjukkan jumlah pemudik dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Banten pada "H-3" Hari Raya idul Fitri 1438 Hijriah mencapai 44.777 orang.

Jumlah tersebut yakni penumpang pejalan kaki sebanyak 4.137 orang dana dalam kendaraan sebanyak 40.640 orang.

Sedangkan kendaraan yang menyebarang yakni sepeda motor atau roda dua sebanyak 1.002 unit, kendaraan roda empat 5.438 unit, bus 496 unit, dan truk 646 unit.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga