Warga seberang Jambi gelar lomba tradisi lebaran

id 17an, warga jambi, tradisi lebaran, perlombaan ala tujuh belasan, Hari Raya Lebaran, Idul Fitri

Warga seberang Jambi gelar lomba tradisi lebaran

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Aziz/17)

Jambi (Antarasumsel.com) - Warga di Seberang Kota Jambi menggelar tradisi beragam perlombaan ala tujuh belasan Agustus saat merayakan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, khususnya anak-anak sangat bersemangat mengikuti semua perlombaan itu.

Warga di RT. 02, Kelurahan Tahtul Yaman, Seberang Kota Jambi, Senin, menggelar tradisi perlombaan guna menyemarakan perayaan hari raya Idul Fitri dan sudah menjadi tradisi yang digelar setiap tahunnya yang dilaksanakan pada lebaran kedua.

Berbagai perlombaan disiapkan pihak panitia pelaksana termasuk hadiahnya, seperti perlombaan mengambil uang koin di dalam taburan tepung terigu, lomba mengupas telur rebus, balap karung, tarik tambang serta yang terakhir adalah panjat pohon pinang.

Khaidir Maulana (36) yang ditunjuk sebagai ketua panitia pelaksana perlombaan menjelaskan, kegiatan perlombaan itu dikhususnya bagi anak-anak di Tahtul Yaman dan sekitarnya dan tradisi ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Lebaran Idul Fitri setiap tahunnya.

"Tradisi ini juga selain untuk hiburan warga setempat juga bertujuan untuk menjalin tali silahturahmi sesama warga di Tahtul Yaman dan sekitarnya serta menghindari hal-hal yang negatif setelah kita berpuasa dan merayakan lebaran," kata Khaidir.

Sementara itu, Shiva (10) salah satu anak yang menjadi peserta lomba mengaku sangat senang dengan adanya perlombaan yang digelar setiap tahunnya dan kegiatan itu sudah ditunggunya sejak bulan puasa dilaksanakan.

Sedangkan situasi dan suasana perayaan lebaran hari kedua di Kota Jambi, masih terlihat sepi dan warga masih memilih berlebaran dengan tradisi mengunjungi sanak keluarga.

Beberapa tempat hiburan atau rekreasi yang ada di Kota Jambi, juga masih terlihat sepi belum ada terjadi lonjakan pengunjung yang datang ke berbagai tempat dan lokasi rekreasi yang ada di Jambi dan diperkirakan warga baru akan mendatangi tempat rekreasi pada lebaran ketiga dan seterusnya karena tahun ini juga bersamaan dengan wakti libur panjang yang ditetapkan pemerintah.