Senin, 23 Oktober 2017

Penggunaan layanan data meningkat 218 persen

id telpon, seluler, layanan data, internet, perusahaan seluler, trafik layanan data, 4G LTE
Penggunaan layanan data meningkat 218 persen
Ilustrasi (Reuters)
Batam (Antarasumsel.com) - Pengunaan layanan data perusahaan seluler XL Axiata meningkat hingga 218 persen pada musim mudik Lebaran tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam siaran pers, Kamis menyebutkan pada periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan data hingga 15 persen dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218 persen dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu.

Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.  

Kenaikan itu didorong meningkatnya aktivitas akses ke layanan data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

Dan meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan, tanpa hambatan yang berarti.

"Sampai saat ini kami terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran," kata dia.

Menurut dia, hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan XL, untuk semua jenis layanan, data, SMS, dan suara, meski terjadi kenaikan trafik.

"Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat," kata dia.

Layanan Data mendominasi kenaikan trafik, karena pelanggan lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform.

Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan tren pemakaian layanan data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, dalam format text, voice, video call, juga multimedia.

Kenaikan trafik data sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional.

XL mencatat, akses ke sejumlah media sosial populer meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa.

Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50 persen, Instagram lebih dari 20 persen, serta YouTube lebih dari 17 persen.

Peningkatan dipicu kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran.

Selain itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135% persen.

Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga