Jumat besok batas akhir pendaftaran SMMPTN

id Masuk Perguruan Tinggi Negeri, sbmptn, SMMPTN, Universitas Jambi, Akbar Kurnia Putra

Jumat besok batas akhir pendaftaran SMMPTN

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Jambi (Antarasumsel.com) -  Batas waktu pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2017 wilayah barat akan ditutup pada Jumat (30/6) petang.

"Pendaftaran online SMMPTN masih ada waktu hingga Jumat besok, setelah itu akan ditutup pada sore harinya. Tidak akan ada perpanjangan waktu pendaftaran," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, Kamis.

Menurut dia, pendaftaran secara online juga bisa dilakukan pada saat libur Lebaran 2017 yang akan masuk ke database pendaftaran SMMPTN 2017 wilayah barat.

Akbar menyebutkan, melalui SMMPTN 2017 wilayah barat itu, Universitas Jambi akan menerima sebanyak 2.000 calon mahasiswa atau 30 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru Unja pada 2017 ini.

"Unja akan menerima sebanyak 2.000 calon mahasiswa," kata Akbar.

Sebelumnya Rektor Unja Prof Johni Najwan melakukan sosialisasi langsung bersama pimpinan Unja untuk menjaring mahasiswa baru khusus dari wilayah provinsi Jambi. Salah satunya melalui blusukan ke kabupaten/kota di provinsi itu.

Jalur SMMPTN wilayah barat merupakan penerimaan berdasarkan ujian tulis yang dilakukan secara nasional yang dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri Indonesia wilayah barat untuk program S-1 reguler dan vokasi.

"Khusus Unja, lulusan SMA dan sederajat pemegang ijazah mulai tahun 2013 masih bisa ikut SMMPTN, diharapkan bisa memacu calon mahasiswa untuk mendaftar," katanya.

Jalur SMMPTN wilayah barat, antara lain, bagi calon mahasiswa 16 perguruan tinggi di wilayah barat, yakni Universitas Jambi, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung.

Kemudian Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Andalas, Universitas Samudera, Universitas Palangkaraya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Bangka Belitung, UIN Palembang, ISI Padang Panjang, Universitas Bengkulu, Universitas Malikussaleh, dan ISBI Aceh.

Pendaftaran SMMPTN wilayah barat 2017 dilakukan secara "online" dengan mengunduh pada website http://www.smmptnbarat.id. Pendaftaran mulai 1 Juni hingga 30 Juni 2017.

Pelaksanaan ujian tulis akan dilakukan pada hari Sabtu, 8 Juli 2017, dan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 10 Juli 2017 di setiap perguruan tinggi negeri.

"Pengumuman hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2017," kata Akbar Kurnia Putra.