Marquez catat kemenangan beruntun kedelapan di Sachsenring

id Marc Marquez, Grand Prix Jerman, balap motor, gp1, Yamaha Tech3, Raja Sachsenring

Marquez catat kemenangan beruntun kedelapan di Sachsenring

Marc Marquez (Antarasumsel.com/REUTERS/Toru Hanai)

Berlin (Antara/Reuters) - Pebalap Honda Marc Marquez meneruskan dominasinya sebagai "Raja Sachsenring" dengan kemenangan kedelapan secara beruntun di Grand Prix Jerman, yang membuat dirinya kembali ke puncak klasemen MotoGP pada Minggu.

Pebalap Spanyol itu, yang juga start dari posisi pertama untuk kedelapan kalinya secara beruntun di Jerman, dipaksa bersaing ketat oleh pahlawan lokal Jonas Folger yang mampu finis di posisi kedua untuk tim non pabrikan Yamaha Tech3.

Folger, yang start dari posisi kelima, menjadi pebalap Jerman pertama yang baik podium pada grand prix di kandang sendiri pada era MotoGP.

Dani Pedrosa, rekan setim sekaligus kompatriot Marquez, finis di posisi ketiga.

Ini merupakan kemenangan kedua Marquez musim ini dan membuat dirinya memuncaki klasemen dengan 129 angka, unggul lima angka atas pebalap Yamaha Maverick Vinales, yang finis di posisi keempat dan mengoleksi 124 angka setelah sembilan balapan.

Pebalap Italia Andrea Dovizioso, pemuncak klasemen sebelumnya, turun ke peringkat ketiga dengan 123 angka setelah melintasi garis finis di posisi kedelapan. Kompatriotnya, Valentino Rossi, yang finis di posisi kelima, menduduki peringkat keempat dengan 119 angka.

Laju kesuksesan Marquez di Sachsenring, dekat Chemnitz, dimulai pada 2010 ketika ia berkompetisi di kelas 125cc. Ia kemudian memenangi ajang Moto2 di sana pada 2011 dan 2012 sebelum laju lima kemenangan beruntunnya di MotoGP. (H-RF)