Parade budaya Indonesia di Montreal Kanada

id Parade budaya, kesenian indoneisa, KBRI Ottawa, Nadia Amalia, Indonesia, Montreal, Kanada

Parade budaya Indonesia di Montreal Kanada

Ilustrasi- Tari Bali di festival budaya Indonesia (KBRI Moskow)

London (Antarasumsel.com) - Komunitas Indonesia yang tergabung dalam "Association de la Communauté Indonésienne du Québec (ACIQ)"  ikut memeriahkan Canada Day ke-150 dengan berpartisipasi dalam parade budaya tahunan.

ACIQ dipimpin  Dialin Putri Dahlan, diaspora Indonesia yang  bermukim di Kanada selama lebih dari 10 tahun, kata Sekertaris Tiga Pensosbud KBRI Ottawa Nadia Amalia kepada Antara London, Senin.

Dikatakan khusus tahun ini dalam perayaan n Canada Day yang ke 150 tahun, ACIQ menggalang masyarakat Indonesia dì Montréal untuk berpartisipasi dengan mengusung tema parade kostum nusantara.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari orang dewasa hingga anak kecil berbaris dengan mengenakan pakaian adat lengkap hiasan dari berbagai daerah seperti Batak, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Peserta membawa dan melambaikan bendera Indonesia dan Kanada  memeriahkan pawai.

Sepanjang parade sejauh sekitar 2 km , kontingen Indonesia juga menampilkan Tari Sesonderan secara terus-menerus diiringi mobil dihias dengan ornamen dan kain khas Indonesia. Rintik hujan sepanjang parade tidak mematahkan semangat penari menghibur penonton.

Warga setempat yang menonton parade antusias menyambut kontingen Indonesia, terlihat dari sorakan  penonton pada kontingen Indonesia di sepanjang jalanan parade.

Dubes Indonesia untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah  menyampaikan apresiasinya atas kreatifitas masyarakat Indonesia di Montréal dalam memeriahkan parade Canada Day tahun ini. "Diaspora Indonesia memegang peranan penting dalam promosi budaya Indonesia di luar negeri.

Partisipasi mereka dalam kegiatan seperti parade Canada Day ini perlu didukung karena merupakan ajang untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat asing," ujar Dubes Faizasyah.

Canada Day merupakan perayaan hari jadi Kanada yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Seperti halnya HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Canada Day diperingati dengan berbagai kegiatan meriah, seperti konser, piknik, bazar, parade, dan kemeriahan lainnya.

Di Montréal, Provinsi Quebec, Canada Day diperingati dengan parade budaya sepanjang jalan raya Sainte-Catherine sampai Place du Canada yang khusus ditutup untuk pawai dari berbagai macam komunitas dan organisasi setempat.

Selain komunitas Indonesia berpartisipasi juga komunitas dari berbagai negara pada peringatan Canada Day ke 150 ini, di antaranya Brazil, Irlandia, dan Filipina.