Tol Palembang-Indralaya Sumsel ditutup

id tol, jalan tol palindra, Hasan Turcahyo, jalur mudik, pemudik, kesiapan mudik, Rizal, Asian Games XVIII

Tol Palembang-Indralaya Sumsel ditutup

Manajer Proyek Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo (kiri) bersama Divisi Pengelolaan Jalan Tol PT Hutama Karya Rizal Sucipto pada pemantauan jalur mudik Lebaran, Jumat (16/6). (Antarasumsel.com/17/Dolly Rosana)

Palembang (Antarasumsel.com) - Jalan tol Palembang-Inderalaya atau Palindra untuk seksi 1 Palembang-Pemulutan sejauh tujuh km ditutup, Sabtu, setelah sempat dibuka pada H-5 untuk keperluan mudik Lebaran.

Manajer Proyek perwakilan PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo di Palembang, Sabtu, mengatakan, dengan ditutupnya operasi seksi 1 ini maka para pekerja dapat fokus pada penyelesaian pekerjaan.

"Setelah Lebaran ini kami fokus untuk menyelesaikan pekerjaan, mengingat target selesai pada akhir 2017," kata Hasan.

Target selesai ini dipatok pemerintah mengingat Tol Palindra diharapkan dapat mendukung lancarnya pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018.

"Untuk seksi 1 sudah selesai dan sudah digunakan saat Lebaran, tinggal seksi 2 dan seksi 3," kata Hasan.

Hutama Karya memutuskan akan membuka jalan tol seksi 1 (Palembang-Pemulutan) sejauh 7 km untuk kendaraan roda empat mulai 19 Mei 2017 (H-6) hingga H+10 dengan tidak dikenai biaya (gratis).

Sementara untuk seksi 2 dan seksi 3 belum bisa digunakan karena progres pengerjaan baru mencapai 6,0 persen dan 67 persen.

Ia mengatakan, secara keseluruhan sudah tidak ada kendala lagi setelah persoalan pembebasan lahan diselesaikan bersama tim percepatan pembangunan Sumsel yang dipimpin Setda Pemprov.

Persoalan yang menjadi kendala yakni cuaca mengingat perkiraan awal pada Mei seharusnya sudah tidak ada hujan.

"Ini berkaitan dengan penyediaan material untuk proses teknologi vacum. Jika hujan, jalan-jalan menjadi becek dan truk harus mengantri lama," kata dia.

Meski dihadapkan pada kendala tersebut tapi Hutama Karya optimistis target selesai pada akhir 2017 dapat tercapai sesuai dengan intruksi Presiden, terkait dengan dukungan atas pelaksanaan Asian Games XVIII di Palembang tahun 2018.