Bawaslu pusat ikut awasi tes Panwas kabupaten

id bawaslu, Andika Pranata Jaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum, tim seleksi calon anggota, pemilihan gubernur, bupati/wali kota

Bawaslu pusat ikut awasi tes Panwas kabupaten

Ketua bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya (Antarasumsel.com/Susilawati/Ang/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Bawaslu pusat akan ikut mengawasi pelaksanaan tes tertulis calon anggota panitia pengawas kabupaten/kota dalam provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan di Palembang, 10 Juli 2017.

Ketua Bawaslu Sumatera Selatan, Andika Pranata Jaya di Palembang, Minggu menyampaikan hal itu terkait dengan pelaksanaan tes tertulis bagi calon anggota panitia pengawas kabupaten/kota.

Menurut dia, soal tes tertulis itu dari Bawaslu RI dan dibawa oleh Bawaslu pusat yang akan diserahkan ke tim seleksi.

Jadi, Bawaslu pusat langsung membawa soal tes dan tentunya ikut mengawasi tes tertulis yang akan dilaksanakan pada 10 Juli 2017, katanya.

Ia mengatakan, tes tertulis itu akan dilaksanakan di dua lokasi yaitu untuk wilayah I dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pasca Sarjana, Universitas Sriwijaya, sedangkan untuk wilayah II di Graha Pendidikan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Adapun ketentuan tes tertulis itu antara lain peserta dilarang membawa alat komunikasi (telepon genggam) ke dalam ruangan tes dengan alasan apapun.

Panitia tidak menyediakan jasa penitipan barang milik peserta tes dan peserta hanya diperbolehkan membawa alat tulis berupa pena, papan ujian dan kartu tanda penduduk (KTP)/surat keterangan kependudukan ke dalam ruangan tes, ujarnya.

Sebelumnya setelah dilakukan penelitian berkas administrasi yang dilakukan oleh Timsel Wilayah I (Empat Lawang, Lahat, Lubuklinggau, Muaraenim, Musi Banyuasin, Musirawas, Musirawas Utara, Pagaralam dan Penukal Abab Lematang Ilir), sebanyak 283 orang calon panitia pengawas lolos seleksi administrasi.

Sedangkan Wilayah II (Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Ogan Komering Ulu Timur) sebanyak 403 orang calon panwas lolos seleksi.

Bagi peserta lolos administrasi itulah yang akan mengikuti tes tertulis pada Senin (10/7), katanya.