Jumat, 22 September 2017

Masyarakat sepeda Indonesia perjuangkan Perda jalur sepeda

id sepeda, jalur pesepeda, Masyarakat Sepeda Indonesia, Ahmad Hartawan, jalan raya
Masyarakat sepeda Indonesia perjuangkan Perda jalur sepeda
Ahmad Hartawan. (Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)
Palembang (Antarasumsel.com) - Masyarakat Sepeda Indonesia, organisasi penggemar sepeda yang berpusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya memperjuangkan peraturan daerah jalur khusus pengguna sepeda.

"Sekarang ini sedang dipersiapkan konsep peraturan daerah pembuatan jalur khusus sepeda di dalam Kota Palembang dan kota lainnya," kata Ketua Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI) Ahmad Hartawan, di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, sebagai penggemar olahraga sepeda, dia bersama teman-temannya merasa kurang aman dan nyaman ketika mengendarai sepeda di jalan raya.

Untuk melalukan aktivitas bersepeda, penggemar olahraga tersebut harus bermain di pinggiran kota, bahkan masuk ke jalur kawasan permukiman penduduk yang tidak beraspal.

Aktivitas bersepeda agar terhindar dari sasaran ditabrak kendaraan bermotor, anggota MSI yang merupakan penggemar sepeda dari berbagai komunitas mencari jalur aman di pinggiran kota.

Kondisi itu menjadi perhatian pihaknya dan mencoba memperjuangkan disediakan jalur khusus sepeda yang aman dan nyaman di jalan protokol seperti yang dinikmati pengendara kendaraan bermotor, katanya pula.

Menurut dia, untuk mewujudkan jalur khusus sepeda di Palembang, selain menyiapkan konsep yang matang, pihaknya juga mencoba menggalang dukungan pejabat pemerintah kota dan provinsi serta anggota DPRD setempat.

Penggemar sepeda di Kota Palembang dan 16 daerah di Sumsel lainnya cukup banyak, sehingga perlu mendapat perhatian dan pengaturan aktivitasnya di jalan raya.

Khusus di Palembang saja terdapat ratusan klub/komunitas sepeda dengan anggota mencapai ribuan orang, dan untuk menjembatani kepentingan penggemar sepeda yang berasal dari berbagai klub serta menampung aspirasi mereka, disepakati pembentukan MSI, kata Hartawan.

Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda saat bertemu pengurus MSI beberapa waktu lalu mengatakan, sangat mendukung program kerja yang disiapkan pengurus MSI, salah satunya memperjuangkan perda jalur khusus sepeda.

Berdasarkan pengalamannya berkunjung ke luar negeri, sejumlah negara maju menyiapkan jalur sepeda khusus bagi masyarakat yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dalam menunjang berbagai aktivitas rutin dan pergi ke tempat kerja.

Hal-hal positif dan baik di luar negeri bisa saja dicontoh dan diterapkan di daerah ini, dengan melakukan komunikasi bersama pemerintah daerah dan mendapat dukungan dari semua pihak serta lapisan masyarakat, kata Giri pula.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga