Indonesia raih poin pertama di AFF U-15

id AFF, Tim nasional Indonesia, Chonburi, Thailand, poin, sepak bola

Indonesia raih poin pertama di AFF U-15

Pelatih Timnas U-15 Fakhri Husaini. (Ist)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Tim nasional Indonesia U-16 berhasil meraih poin pertamanya di ajang Kejuaraan sepak bola Asia Tenggara AFF U-15, di Chonburi, Thailand, setelah bermain imbang 2-2 ketika melawan Myanmar di laga Grup A, Minggu.

Dipantau dari laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Minggu, dua gol Indonesia di pertandingan itu dicetak oleh Rendy Juliansyah (3') dan Miftahul Husyen (82'). Sementara gol Myanmar dilesakkan oleh N. N. Soe (28') dan L. M. Htwe (29').

Timnas U-16 Indonesia sendiri memulai pertandingan dengan sangat baik dan menekan lawan begitu peluit sepak mula berbunyi.  
Hasilnya, di menit ketiga, Indonesia mendapatkan tendangan sudut yang diubah Rendy Juliansyah menjadi gol melalui sontekan.

Setelah itu, anak-anak asuh pelatih Fakhri Husaini terus tampil menyerang tetapi gagal menuntaskan peluang menjadi gol.

Di menit ke-28, Indonesia mendapatkan petaka setelah harus menerima hukuman penalti dari wasit. Myanmar tidak menyia-nyiakan hal itu dan menyamakan kedudukan 1-1 melalui N. N. Soe.

Indonesia kembali tersentak satu menit setelah itu, karena Myanmar kembali menorehkan gol melalui L. M. Htwe dan memimpin 2-1 sampai babak pertama berakhir.

Usai jeda, tim nasional U-16 berusaha keras setidaknya menyamakan kedudukan.

Miftahul Husen, yang masuk di menit ke-53 menggantikan Andre Oktaviansyah, membuat percobaan tendangan dua menit setelah bermain, tetapi masih melebar.

Pada menit ke-60, tendangan bebas kaki kiri David Maulana sempat mengejutkan Myanmar, beruntung kipernya masih sigap menepis bola.

Kesempatan demi kesempatan lainnya dari Garuda Asia, julukan timnas U-16, terus datang di antaranya dari Rendy dan Amirudin Bagus, tetapi gagal diselesaikan sempurna.

Gol Indonesia akhirnya datang di menit-menit akhir pertandingan tepatnya di menit ke-82, karena laga AFF U-15 digelar 2x40 menit.

Melalui skema tendangan sudut, bola yang bergerak liar di kotak penalti Myanmar berhasil disambar oleh Miftahul Husen dari sisi kanan pertahanan lawan. Bola pun meluncur deras ke pojok kiri gawang Myanmar tanpa bisa diantisipasi kiper.

Skor 2-2 pun bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Hasil ini membuat Indonesia dan Myanmar sama-sama berpoin satu dan sementara menduduki posisi di bawah Thailand sebagai pemuncak klasemen dengan tiga poin karena di jam yang sama tim Gajah Putih menaklukkan Australia dengan skor 2-1.

Laga Grup A lainnya, Singapura versus Laos, baru digelar pada pukul 18.30 WIB atau setelah berita ini diturunkan.

Berikutnya, petualangan tim Garuda Asia berlanjut menghadapi tuan rumah Thailand di Stadion IPE Chonburi Campus 1 pada Selasa (11/7) pukul 18.30 WIB.