Minggu, 24 September 2017

Sumsel lakukan pembinaan di setiap Puskesmas

id Ishak Mekki, dinas kesehatan, perawat honorer, pusekesmas, Kementerian Kesehatan, nusantara sehat
Sumsel lakukan pembinaan di setiap Puskesmas
Wagub Sumsel, Ishak Mekki. (Ist)
....nusantara sehat yang berbasis tim maupun individu....
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan setempat telah melakukan pembinaan dan pelatihan di setiap puskesmas dan rumah sakit umum daerah untuk membuat rencana kebutuhan tenaga kesehatan melalui aplikasi analisis beban kerja.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki di Palembang, Selasa menyampaikan hal itu terkait dengan permasalahan perawat honorer daerah.

Menurut dia, rencana kebutuhan tersebut dibuat oleh setiap kabupaten/kota dan direkap di tingkat provinsi untuk diteruskan ke Kementerian Kesehatan RI.

Hasil rencana kebutuhan ini menjadi dasar bagi Kementerian Kesehatan untuk menugaskan tenaga kesehatan melalui program penugasan khusus, yaitu nusantara sehat yang berbasis tim maupun individu sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 tahun 2015 tentang penugasan khusus tenaga kesehatan dalam mendukung program nusantara sehat.

Pemerintah daerah dapat mengusulkan penempatan tim nusantara sehat di daerahnya untuk memenuhi kekurangan tenaga kesehatan sehingga tenaga kerja sukarela dapat dikurangi, katanya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan baik dalam jumlah, jenis dan kompetensinya (UU 36 tahun 2014 pasal 13 tentang tenaga kesehatan).

Pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan (perawat) di puskesmas melalui tenaga honorer maupun tenaga kerja sukarela (TKS) sepenuhnya wewenang pemerintah kabupaten setempat.

Pemenuhan tenaga kesehatan melalui tenaga kerja sukarela proses rekrutmennya langsung ke puskesmas/dinas kesehatan kabupaten/kota setempat, sedangkan tenaga honor (PTT daerah) melalui surat keputusan bupati, ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga