Indonesia bawa arca Ganesha ke festival Europalia

id arca Ganesha, Candi Banon, Magelang, Jawa, sejarahwan, Europalia, Singgih Trisulistiono

Indonesia bawa arca Ganesha ke festival Europalia

Sejarawan Dwi Cahyono (kanan) mengukur tinggi arca Ganesha yang baru ditemukan di kawasan galian tanah liat desa Mendalanwangi, Malang, Jawa Timur, Jumat (6/11). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto))

Jakarta (Antarasumsel.com) - Indonesia akan membawa arca Ganesha dari Candi Banon, Magelang, Jawa Tengah ke festival seni budaya bergengsi di Eropa, Europalia 2017 yang berlangsung 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018.

Arca ini akan ditampilkan pada pameran Archipel yang memperlihatkan budaya maritim Indonesia.

"Arca Ganesha ini salah satu benda yang sangat diinginkan oleh Europalia Internasional untuk dipamerkan di sana. Kita akan membawa arca aslinya ke sana," kata anggota tim ahli maritim untuk Europalia, Singgih Trisulistiono, Jakarta, Selasa.

Singgih Trilustiono mengatakan arca Ganesha tersebut adalah bentuk interaksi Indonesia dengan negara lain yaitu India, menurut dia, banyak seni budaya Indonesia yang merupakan pertukaran dengan budaya lain.

"Arca ini menggabarkan bahwa orang Indonesia sudah terbuka dengan dunia luar sejak dulu," kata dia.

Pameran Archipel menjadi salah satu tajuk utama dalam pameran yang akan digelar di Belgia dan beberapa negara Eropa tersebut.

Dia mengatakan pameran Archipel ini penting untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa budaya maritim Indonesia telah tebentuk beribu tahun sebelum masehi.

Benda-benda yang dipamerkan juga dibagi dalam empat periode, seperti periode kuno, periode pramodern, periode awal modern dan periode modern.

Selain memamerkan arca, Indonesia juga akan memamerkan replika perahu nusantara, peralatan perunggu, patung dan lainnya.

Pada perhelatan itu Indonesia sebagai negara tamu akan membawa 400 seniman terbaik mulai dari seni lukis, musik, instalasi, film, tari dan lainnya untuk mengangkat keberagaman seni dan budaya Indonesia.