Sekda: Potensi energi Sumsel belum dikelola optimal

id Joko Imam Sentosa,

Sekda: Potensi energi Sumsel belum dikelola optimal

Joko Imam Sentosa (Doc.Diskominfo/Prov Sumsel)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekda Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa mengatakan potensi energi Sumsel belum dikelola secara optimal padahal sangat menjanjikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi dengan adanya rancangan undang-undang sistem nasional ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang sedang dirancang Komite III DPD diharapkan dapat meningkatkan potensi daerah," kata Sekda di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan Sumsel kaya akan potensi daerah, terutama energi, bahkan terkenql sebagai lumbung energi sehingga harus dimaksimalkan.

"Oleh karena rancangan undang - undang tersebut diharapkan dapat mengakomodir potensi yang melimpah tersebut untuk kepentingan masyarakat banyak," ujar Sekda.

Koordinator DPD utusan Sumsel Abdul Aziz mengatakan Undang-Undang itu nantinya dapat memperbaiki hal yang kiranya saat ini menjadi hambatan bagi perkembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Nantinya dalam penelitian akan diutamakan pengembangan potensi daerah termasuk energi," kata Aziz.

RUU tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini merupakan usul inisiatif pemerintah dalam memajukan Indonesia, termasuk daerah yang jauh lebih baik, kata dia.

Oleh karena itu dalam penelitian nanti perlu mengikutsertakan semua pihak termasuk badan usaha, ujar dia.

Sehubungan itu sebagai anggota DPD yang berasal dari daerah maka akan mengutamakan kepentingan masyarakat terutama setempat, tambah dia.