Kades programkan pembangunan siring Rp431,2 juta

id desa, pembangunan siring

Kades programkan pembangunan siring Rp431,2 juta

Desa Espe programkan pembangunan siring (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Kepala Desa Espe III Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan 2017 ini memprogramkan pembangunan siring dengan dana Rp431,2 juta.

"Tahun ini kita fokuskan membangun siring yang memang sangat dibutuhkan warga," kata pejabat Kepala Desa (Kades) Espe III, Ujang Sulaiman, Rabu.

Dikatakan Ujang, sumber dana pembangunan siring tersebut menggunakan Dana Desa (DD) yang menelan biaya sebesar Rp431.254.000.

Ia mengatakan, dana tersebut untuk membangun siring sepanjang 1.200 meter di lima dusun dalam wilayah Kecamatan Peninjauan.

Selain itu, tahun ini pihaknya juga membangun jalan cor beton sepanjang 250 meter di Dusun II dan Dusun V yang menelan biaya sebersar Rp197.215.000, serta ada juga kegiatan rehab gudang kantor desa.

Ia menjelaskan, Desa Espe III yang memiliki 378 kepala keluarga (kk) sudah memiliki sumber air bersih sebanyak 15 titik tersebar di setiap dusun.

"Tahun ini juga kita anggarkan kegiatan pipanisasi sumber air bersih tersebut," katanya.

Sementara mengenai prioritas pembangunan, menurut Ujang, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan masyarakat dengan memberdayakan semua perangkat desa.

Salah satu program seratus hari kerja, semua pelayanan masyarakat diutamakan di kantor desa, dan memperbaiki fasilitas kantor.

Meskipun demikian, kata Ujang, pemerintah desa akan tetap melayani masyarakat 24 jam, terutama kepentingan yang mendesak.

Ia menambahkan, untuk kegiatan tahun depan pihakanya akan menganggarkan pembangunan pagar sekolah mulai dari pagar PAUD, SD dan SMP.