Sabtu, 23 September 2017

Wagub Sumsel dorong UMKM kembangkan usaha cenderamata

id Ishak Mekki, umkm, usaha cenderamata, asian games
Wagub Sumsel dorong UMKM kembangkan usaha cenderamata
Wagub Sumsel, Ishak Mekki. (Ist)
Palembang (Antarasumsel.com) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah di provinsi ini mengembangkan usaha cenderamata.

"Kota Palembang menjadi salah satu daerah tujuan wisata dan tempat menggelar berbagai event tingkat nasional dan internasional, kondisi ini merupakan peluang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha cenderamata," kata Ishak Mekki, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sekarang ini saat yang tepat untuk mengembangkan usaha cenderamata, karena pada tahun depan Palembang bersama DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah ajang olahraga negara-negara kawasan Asia.

Menghadapi ajang olahraga itu, pelaku usaha mikro kecil dan menengah di provinsi ini memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah Asian Games 2018," ujarnya.

Pelaku UMKM di provinsi ini perlu didorong mempersiapkan diri mengembangkan kegiatan usaha yang laku dijual kepada ribuan pengunjung dan atlet dari berbagai negara kawasan Asia pada event olahraga internasional itu agar tidak hanya menjadi penonton,

Peserta dan tamu undangan Asian Games yang berkunjung ke Palembang membutuhkan makanan dan barang yang bisa dibawa mereka pulang ke negara asalnya sebagai kenang-kenangan dan buah tangan yang bisa dibagi-bagikan kepada keluarga dan teman-temannya.

Untuk memenuhi kebutuhan atlet dan tamu undangan lainnya, pelaku UMKM di daerah ini seharusnya sekarang ini mulai melakukan berbagai persiapan peningkatan kualitas produk dan tempat usaha, serta melakukan berbagai pengembangan usaha, katanya.

Dia menjelaskan, pelaku UMKM di provinsi ini harus berperan aktif dalam event Asian Games sehingga tidak menjadi penonton di daerah sendiri karena pelaku usaha dari provinsi lain yang berbondong-bondong datang ke Palembang untuk berdagang makanan dan aneka cenderamata menarik seperti yang terjadi pada saat Palembang menjadi tuan rumah SEA Games 2011.

Dalam event pesta olahraga negara -negara kawasan Asia Tenggara itu sebagian besar cenderamata dibuat dan dijual oleh pelaku UMKM dari luar Provinsi Sumsel.

Masyarakat di daerah ini terutama warga Palembang hanya memperoleh sebagian kecil limpahan rezeki dari event olahraga itu seperti hanya dinikmati pengusaha makanan pempek, dan kerupuk kemplang dan pengerajin kain tenun songket dan jumputan Palembang.

Berdasarkan pengalaman itu, pihaknya mengajak pelaku UMKM lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi peluang usaha setiap event besar yang diupayakan Pemprov Sumsel digelar di ibukota provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini untuk memberdayakan ekonomi rakyat, kata wagub.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga