Senin, 23 Oktober 2017

Seniman Muntok adu kreatif merespons upacara adat

id Festival Tari Kreasi Sejiran Setason, Anung Yunianto, Sanggar Tari Kebudayaan Bangsa, Gedung Majapahit, Unit Metalurgi Munto
Seniman Muntok adu kreatif merespons upacara adat
Panitia Festival Tari Kreasi Sejiran Setason, Anung Yunianto. (antarababel.com/ (ANTARA/Donatus DP)
Muntok (Antarasumsel.com) - Sejumlah seniman Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan beradu kreatif merespons upacara adat lokal yang disajikan dalam bentuk tari kreasi baru.

"Adu kreativitas berkesenian itu akan disajikan dalam Festival Tari Kreasi Sejiran Setason yang akan kami gelar malam ini di Gedung Majapahit Unit Metalurgi Muntok," kata panitia kegiatan, Anung Yunianto di Muntok, Kamis.

Sebanyak lima sanggar tari dari Bangka Barat akan tampil secara bergantian menyajikan tarian kreasi yang seluruhnya bertemakan upacara adat lokal.

Lima sanggar tari tersebut, masing-masing Sanggar Tari Kebudayaan Bangsa (STKB) dari Kecamatan Tempilang, Sanggar Alfajri dari Jebus, dan tiga sanggar dari Kecamatan Muntok yaitu Kampuseni, Seruni dan Dayang Molek.

"Kami berusaha sekuat tenaga untuk menyukseskan lomba ini agar para seniman bisa tampil maksimal dan mendapatkan apresiasi yang layak dari seluruh penikmat yang hadir," katanya.

Pengambilan tema tari kreasi yang merespons upacara adat lokal diharapkan nantinya tarian-tarian yang sudah diciptakan bisa terus ditampilkan untuk mendukung upacara adat yang ada di daerah itu.

Selama ini, kata dia, setiap pergelaran upacara adat masih sangat minim adanya tarian pendukung yang bisa ikut memeriahkan dan menyati dengan pesta adat yang digelar.

"Kami ingin nantinya para seniman bisa berkolaborasi dengan para tetua adat untuk lebih memeriahkan pesta adat sehingga bisa menambah daya tarik budaya lokal tersebut," katanya.

Adanya kolaborasi antara seniman dan para pemangku adat diharapkan akan mendongkrak kunjungan wisatawan datang ke setiap pesta adat yang digelar di daerah itu.

"Hasil akhirnya kami ingin tarian kreasi yang diciptakan para seniman akan mampu mendukung geliat kepariwisataan daerah yang saat ini sudah ditetapkan menjadi detinasi wisata sejarah dan budaya Babel," kata dia.

Festival Tari Kreasi Sejiran Setason akan digelar mulai pukul 19.30 WIB, pemenang lomba berhak mewakili kabupaten dalam festival sejenis di tingkat Provinsi Babel.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga