Senin, 21 Agustus 2017

Menlu RI remikan gedung baru KBRI London

id Retno LP Marsudi, KBRI London, kedutaan indonesia, london, inggris, Richard Graham MP, John Spellar MP
Menlu RI remikan gedung baru KBRI London
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (ANTARA /Sigid Kurniawan)
London (Antarasumsel.com) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi meresmikan Gedung Baru KBRI London yang berlokasi di 30 Great Peter Street, Westminster, London SW1P 2BU Inggris, Kamis malam waktu setempat.

Acara tersebut dihadiri Menteri Negara untuk Urusan Pembangunan Internasional Inggris dan Menteri Negara untuk Urusan Persemakmuran dan Luar Negeri, Alistair Burt MP yang menjadi  tamu kehormatan.

"Selain itu juga hadir  beberapa anggota Parlemen Inggris seperti Richard Graham MP, John Spellar MP dan Baroness Uddin," kata Minister Counsellor KBRI London Thomas Siregar di London, Jumat.

Thomas Siregar mengatakan acara tersebut juga dihadiri sejumlah mitra kerja KBRI London dari kalangan diplomatik, pemerintah, bisnis, media, friends of Indonesia serta masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris diawali dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan pelajar tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia UK (PPI-UK), diikuti  seluruh peserta Warga Negara Indonesia.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Dr Rizal Sukma dalam sambutannya menyampaikan  ucapan terima kasih atas kehadiran Menteri Luar Negeri RI, tamu kehormatan The Rt Hon Alistair Burt MP serta para tamu undangan lainnya pada acara peresmian Gedung Baru KBRI London itu.

Rizal menjelaskan dengan menempati Gedung Baru KBRI London yang kokoh serta memiliki ruang dan kapasitas sangat memadai, pihaknya berkomitmen untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dengan Inggris.

Sebagai sesama negara maritim dan anggota G20, Indonesia dan Inggris memiliki modalitas yang kuat untuk  mengembangkan kerja sama dalam bidang kemaritiman, perdagangan dan lainnya.

Menurut Rizal, hubungan people-to-people antara Indonesia dan Inggris menunjukkan indikasi menggembirakan dimana semakin banyak musisi kedua negara yang secara kolaboratif memainkan alat musik tradisional dan kontemporer pada berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Dalam kesempatan tersebut, ditayangkan Pesan Presiden RI Joko Wiodo melalui video yang menyampaikan ucapan selamat kepada Duta Besar RI London beserta seluruh staf KBRI London karena telah menempati gedung baru.

Presiden Jokowi mengharapkan agar Gedung Baru KBRI London dapat berfungsi sebagai Rumah Bangsa yang mempromosikan keragaman dan kekayaan seni dan budaya Indonesia.  

Sementara itu Alistair Burt MP  yang menjadi tamu kehormatan, dalam sambutannya menyampaikan salam dari Menlu Inggris yang berhalangan hadir pada acara tersebut. Alistair Burt MP merasa senang melihat perkembangan hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan Inggris yang menujukkan arah yang positif dan meningkat bagi kedua negara.

Secara khusus, ia menyebutkan kedua negara memiliki potensi untuk terus mengembangkan kerja sama dalam bidang perdagangan, keamanan, maritim dan lingkungan.  

Dalam sambutannya Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan apresiasi kepada Duta Besar RI London dan seluruh staf atas upaya mendapatkan Gedung Baru KBRI London yang terletak di kawasan sangat strategis di London.

Retno mengharapkan dengan menempati Gedung Baru, KBRI London dapat lebih mengoptimalkan kinerja dan misinya dalam memperkuat hubungan bilateral RI-UK.

Ia berkeyakinan momentum yang baik itu dapat memunculkan semangat baru bagi pengembangan dan peningkatan kemitraan kemaritiman dan bidang-bidang kerja sama lainnya antara Indonesia dan Inggris sebagaimana pesan Presiden RI melalui video tersebut.

"Gedung baru KBRI ini merupakan bagian dari program pemerintah Indonesia untuk membeli dan membangun Perwakilan RI di luar negeri yang selama ini masih status sewa," katanya.

Acara peresmian gedung juga ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian Gedung KBRI London oleh Menlu RI yang disaksikan Dubes Rizal Sukma dan Tamu Kehormatan, M Alistair Burt MP. Setelah itu, Menlu RI melakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol budaya Indonesia untuk suatu acara peresmian.

Selama acara peresmian, hadirin yang berjumlah tidak kurang dari 300 orang dari berbagai kalangan di Inggris tersebut dihibur di antaranya oleh permainan gamelan para pelajar tingkat sekolah dasar St Mathew's Primary School.      

Sementara ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan KBRI London juga dengan apik menampilkan permainan angklung dengan membawakan beberapa lagu Indonesia dan Inggris.

Sajian pamungkas ditampilkan Grup Gamelan Siswa Sukra pimpinan Peter Smith alias Mas Parto yang mengiringi tari Bambangan Cakil oleh Wisnu Aji Setyo dan Puja Ayu.  

"Acara peresmian Gedung KBRI London ditutup dengan pembacaaan doa dan makan malam bersama dengan sajian makanan khas Indonesia di antaranya sate ayam, Soto Bogor, nasi dan mi goreng, siomay serta berbagai jajanan pasar Indonesia.

Seluruh hadirin menikmati kuliner Indonesia sambil mendengarkan alunan musik gamelan Siswa Sukra. Hadirin juga melihat kilas balik Hubungan Bilateral RI-UK dalam bentuk pameran foto dan keterangan yang dipasang pada salah satu sisi ruang acara.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga