Pemkot Palembang tingkatkan pemanfaatan lima panti asuhan

id Dinas Sosial, Harobin Mustafa, Sekda Palembang, Dinas Sosial, Panti asuhan, lembaga sosial nirlaba,

Pemkot Palembang tingkatkan pemanfaatan lima panti asuhan

Harobin Mustaf (Antarasumsel.com/Humas PemkotPalembang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pemanfaatan lima panti asuhan yang dikelola Dinas Sosial dengan didukung anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Panti asuhan yang dikelola Dinas Sosial sekarang ini akan ditingkatkan pemanfaatannya sehingga dapat menampung, mendidik dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu, serta anak telantar secara maksimal, kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, panti asuhan di kota ini jumlahnya terus mengalami penurunan, untuk mencegah timbulnya masalah sosial perlu ditingkatkan pemanfaatan panti asuhan milik pemerintah kota.

"Panti asuhan atau lembaga sosial nirlaba yang didirikan oleh masyarakat sekarang ini jumlahnya mengalami penurunan drastis, perlu diberdayakan panti yang dikelola Dinas Sosial memelihara anak-anak yatim, yatim piatu, serta anak telantar, sehingga tidak menimbulkan permasalahan sosial di masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, berdasarkan data hingga kini tercatat sekitar 80 panti asuhan yang memiliki izin resmi operasional padahal beberapa tahun sebelumnya jumlahnya mencapai 200 unit.

Selain mengoptimalkan panti asuhan yang dikelola Dinas Sosial, pihaknya juga berupaya mendukung dan membina panti asuhan yang hingga saat ini masih beroperasi menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sesuai ketentuan, panti asuhan diberikan izin operasi jika memiliki anak yang diasuh minimal 15 orang, memiliki tempat dan lokasi panti asuhan yang jelas, dan memiliki sumber penghasilan untuk mendukung operasional, katanya.

Menurut dia, untuk mendukung dan melakukan pembinaan terhadap panti asuhan, pihaknya secara rutin menurunkan tim pengawas ke lapangan.

"Setiap tiga bulan sekali, tim Dinas Sosial Palembang diturunkan ke lapangan untuk melihat secara langsung kegiatan di panti asuhan," ujar Harobin.