Selasa, 22 Agustus 2017

BNN Sumsel tingkatkan gerakan pencegahan penyalahgunaan narkoba

id bnn, bnn susmel, p4gn, pencegahan narkoba, gerakan p4gn
BNN Sumsel tingkatkan gerakan pencegahan penyalahgunaan narkoba
Badan Narkotika Nasional (Antarasumsel.com/Logo/Aw)
...Gerakan P4GN perlu ditingkat untuk menekan angka korban penyalahgunaan narkoba serta mempersempit ruang gerak pengedar barang terlarang itu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan berupaya meningkatkan gerakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaraan Gelap Narkoba di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Gerakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaraan Gelap Narkoba (P4GN) perlu ditingkat untuk menekan angka korban penyalahgunaan narkoba serta mempersempit ruang gerak pengedar barang terlarang itu, kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan Brigjen Pol Anthoni Hutabarat, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, gerakan P4GN yang telah berjalan beberapa tahun terakhir membuahkan hasil yang menggembirakan dengan masuknya provinsi ini dalam peringkat 21 atau tergolong daerah yang rendah penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Keberhasilan yang dicapai tersebut menjadi pendorong pihaknya untuk bekerja lebih baik lagi untuk menyelamatkan masyarakat terutama generasi muda dari penyalahgunaan narkoba, katanya.

Dia menjelaskan untuk mengatasi masalah narkoba, tindakan pencegahan perlu digalakkan karena jika masyarakat sudah mulai mengonsumsi narkotika, psikotropika, zat adiktif dan obat-obatan berbahaya lainnya sulit untuk melepaskan diri dari ketergantungan barang terlarang itu.

"Jika sudah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, bukan hanya akan ketergantungan tetapi juga bisa masuk dalam lingkaran setan peredaran gelap yang dapat mempersulit upaya pemberantasan narkoba," ujarnya.

Untuk menggalakkan gerakan P4GN, pihaknya terus memperluas kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta, berbagai organisasi sosial kemasyarakatan, pihak sekolah dan kampus perguruan tinggi yang ada di wilayah Sumsel.

Dalam kegiatan itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya mengonsumsi narkoba dan sanksi hukum jika terjaring razia memiliki atau menyimpang barang terlarang itu, kata Anthoni. 

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga