Giri ambil formulir di Hanura dan Gerindra

id giri pilkada, daftar calon gubernur, Iskandar M Sahil, HM Giri Ramanda N Kiemas

Giri ambil formulir di Hanura dan Gerindra

HM Giri Ramanda N Kiemas (Antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (Antarasumsel.com) - Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas mengambil formulir pendaftaran di Partai Hanura dan Partai Gerindra, Jumat untuk maju pada pemilihan kepala daerah serentak 2018.

"Saya hari ini mengambil formulir pendaftaran di Partai Hanura dan Partai Gerindra sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Selatan," kata Giri yang didampingi pengurus DPD dan DPC PDI Perjuangan usai mengambil formulir di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pada hari ini juga dirinya akan mengembalikan formulir pendaftaran di PPP Sumatera Selatan. Sebelumnya ia juga sudah mengambil formulir di Partai Nasdem, PKB dan PDI Perjuangan.

"Kalau untuk pengembalian berkas formulir pendaftaran baru di PPP saja pada Jumat ini," katanya.

Ia mengatakan, ada berkas persyaratan masih kurang, tetapi akan segera diselesaikan, seperti surat dari pengadilan niaga yang harus ke Jakarta.

Sementara mengenai apakah ada pembicaraan di tingkat pusat Partai Hanura, ia menyatakan, tentunya nanti akan ada pembicaraan antara DPP dengan DPP.

"Harapannya koalisi yang ada di tingkat pusat, kalau bisa di tingkat lokal juga bisa dibangun," tutur Giri yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel tersebut.

Ia menyatakan, kedatangannya ke Partai Hanura serius untuk mengambil formulir pendaftaran dan ke depan berharap bisa berkoalisi dengan partai tersebut.

Sementara Ketua Tim seleksi bakal calon gubernur/wakil gubernur DPD Partai Hanura Sumsel, Zakaria Abas menuturkan, hingga sekarang ini sudah 10 bakal calon Gubernur Sumatera Selatan yang telah mengambil formulir pendaftaran dan satu bakal calon wakil Gubernur Sumsel.

"Sampai saat ini belum ada bakal calon yang menghubungi lagi untuk mengambil formulir pendaftaran dan akan kita tunggu sampai batas akhir yakni 18 Juli nanti. Bagi calon yang lolos administrasi nanti akan kita sampaikan ke DPP Partai Hanura," katanya.

Sejumlah bakal calon Gubernur Sumsel yang disebut-sebut bakal maju dan sudah mengambil formulir pendaftaran di sejumlah partai politik antara lain Ishak Mekki (wakil Gubernur Sumsel), Aswari Rivai (Bupati Lahat), HM Giri Ramanda N Kiemas (ketua DPRD Sumsel) dan Iskandar M Sahil (mantan Pangdam II Sriwijaya).

Kemudian Syahrial Oesman (mantan Gubernur Sumsel), Herman Deru (mantan Bupati OKU Timur), Susno Duadji (mantan Kabareskrim Polri), Sarjan Tahir (mantan anggota DPR RI) dan Eddy Santana Putra (mantan Wali Kota Palembang).

Sejumlah partai politik di Sumsel sudah membuka pendaftaran bakal calon gubernur/wakil gubernur antara lain PPP, PKB, Hanura, Partai Nasdem dan Partai Gerindra serta PDI Perjuangan.

Pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel dan ditambah pemilihan gubernur/wakil gubernur Sumatera Selatan.