Wapres: Setiap orang berpeluang menjadi pengusaha

id Jusuf kalla, bisnis, pengusaha, wirausaha, ilmu menjadi pengusaha
Wapres: Setiap orang berpeluang menjadi pengusaha
Jusuf Kalla. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso/Ag)
Padang (Antarasumsel.com) - Wakil Presiden Jusuf kalla mengatakan setiap orang berpeluang menjadi seorang pengusaha karena ilmu menjadi pengusaha tidak hanya didapatkan dari perguruan tinggi.

"Untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) sangat kecil peluangnya, sehingga yang paling terbuka lebar adalah menjadi seorang pengusaha," katanya di Universitas Negeri Padang (UNP) saat meresmikan gedung baru UNP, Deklarasi Antiradikalisme, dan peluncuran Anugrah Minang Enterpreneurship di Padang, Sabtu.

Dalam satu tahun, ujarnya terdapat satu juta alumni lulusan perguruan tinggi di seluruh Indonesia dari berbagai universitas yang di antaranya ingin menjadi PNS.

"Dari 120 ribu PNS yang pensiun setiap tahun, Menpan-RB hanya menerima berkisar 60 orang," sebutnya.

Penerimaan tersebut,  hanya dilakukan untuk bidang-bidang yang penting saja seperti bidang penidikan, kesehatan, pertanian dan lainnya. "Sehingga menjadi pengusaha merupakan peluang yang besar," tambahnya.

Menjadi seorang pengusaha, ibarat belajar menaiki sepeda, dimulai dari awal dengan belajar perlahan-lahan dan banyak berlatih. "Itu lah modal menjadi seorang pengusaha," ujarnya.

Sementara Rektor UNP Ganefri mengatakan peluncuran Anugrah Minang Enterpreneurship bertujuan melahirkan pengusaha muda Minang terutama dari kalangan perguruan tinggi yang dapat meningkatkan inovasi serta kreatifitas dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha yang inovatif dan kreatif dan mandiri.

"Hal itu merupakan salah satu usaha perguruan tinggi di Sumbar untuk memecahkan masalah ketenagakerjaan dan mengurangi pengangguran," ujarnya.

Selain itu turut meningkatkan perekonomian daerah dan nasional. Terdapat dua penghargaan yang diberikan yaitu kepada pemula dalam bentuk start-up bisnis dan kelompok inovasi.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga