Senin, 23 Oktober 2017

Menteri Puan tegaskan pentingnya peran keluarga

id keluarga, Puan Maharani, anak didik, penerus bangsa, mendidik anak, peran serta orang tua
Menteri Puan tegaskan pentingnya peran keluarga
Puan Maharani (FOTO ANTARA)
Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menegaskan kembali pentingnya peran keluarga dalam kehidupan pada peringatan puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tahun 2017 di Provinsi Lampung.

"Peringatan Harganas menjadi wadah untuk meningkatkan kembali akan pentingnya arti keluarga bagi kita semua," kata Puan pada peringatan puncak Harganas XXIV Tahun 2017 di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR)  Wayhalim, Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan tema yang diangkat pada peringatan Harganas XXIV adalah "Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan".

Tema tersebut menurut Menko PMK berkaitan dengan peran keluarga yang menjadi wahana utama dalam pembangunan karakter bangsa.  

"Keluarga yang berketahanan dan sejahtera adalah keluarga yang memiliki ketangguhan dan kemampuan secara sosial, ekonomi, dan budaya. Sehingga kehidupan keluarga dapat hidup mandiri, sejahtera, dan bahagia," jelasnya.

Menurut Menko PMK, pembangunan yang saat ini dilakukan bukan hanya bidang infastruktur saja, namun juga membangun sumber daya manusia.

Sumber daya manusia Indonesia, lanjutnya, bukan hanya dalam internal namun harus bisa berkompetisi di dunia internasional.

"Di mulai dari keluarga, bagaimana menjaga keluarga untuk dapat berpikir positif dan bermanfaat bagi lingkungannya. Untuk itu, di perlukan sinergitas dari pemerintah daerah dan pusat," ujarnya.

          Puan menjelaskan perluasan cakupan program keluarga harapan (PKH) dari 2,7 juta pada 2014 menjadi sekitar 10 juta pada 2018, memperlihatkan besarnya komitmen pemerintah dalam pembangunan keluarga.

          Menurutnya, memberi masa depan yang lebih cerah dan menciptakan manusia Indonesia yang semakin berkualitas.

          Menko PMK juga mengingatkan akan pentingnya keluarga berencana, yang tidak hanya dimaknai sebagai upaya pengendalian kelahiran semata, namun membangun kesadaran akan pentingnya perencanaan dalam setiap keluarga Indonesia.

Caranya bagaimana membangun keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera; merencanakan kemandirian ekonomi keluarga; merencanakan keluarga yangberpendidikan; dan merencanakan keluarga yang sehat.

Keberhasilan program keluarga berencana tersebut akan memberikan manfaat bagi generasi masa depan dan negara dalam mengelola kehidupan yang lebih sejahtera.

"Saya menekankan akan pentingnya arti keluarga, dengan peringatan Harganas saya mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk mewujudkan keluarga yang berkumpul, keluarga yang berinteraksi, keluarga yang melindungi, dan keluarga yang peduli," ujarnya lagi.

Ia menambahlam akan kesadaran akan arti penting keluarga tidak hanya di saat Hari Keluarga Nasional saja,melainkan terus menerus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menko PMK dalam kesempatan itu juga memberikan bantuan berupa makanan pendamping ASI, makanan tambahan ibu hamil, makanan tambahan anak sekolah, makanan olahan ikan, tas sekolah, KIP, PKH, dan bantuan pangan nontunai.

Selain itu, Menko PMK juga akan menyematkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan.

Turut hadir dalam acara ini Ketua UMUM PKK Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, sejumlah Anggota DPRD Provinsi Lampung, dan kepala daerah di Provinsi Lampung dan provinsi lain.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga