BMKG Pangkalpinang: Tinggi gelombang bisa emapat meter

id ombak, gelombang laut, bmkg, perairan utara Pulau Bangka, Evi Diana P

BMKG Pangkalpinang: Tinggi gelombang bisa emapat meter

Ilustrasi - Nelayan dihadang gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan gelombang dengan ketinggian maksimum empat meter berpeluang terjadi di perairan utara Pulau Bangka dan Selat Karimata pada Senin (17/7).

"Gelombang maksimum setinggi itu berpeluang terjadi sepanjang Senin (17/7) besok," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Evi Diana P di Pangkalpinang, Minggu.

Selain di utara Bangka dan Selat Karimata, BMKG juga mengimbau para pengguna jasa angkutan laut dan para nelayan tradisional agar mewaspadai potensi gelombang  di atas dua meter di kawasan Selat Gelasa dan di selatan Pulau Bangka.

Ketinggian gelombang maksimum di Selat Gelasa diprakirakan dapat mencapai 2,5 meter, sedangkan di kawasan perairan selatan Pulau Bangka sekitar dua meter.

Gelombang maksimum di bawah dua meter diprakirakan hanya berpeluang terjadi di Selat Bangka, ujar Evi Diana.
    
Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan sendiri diprakirakan berkisar antara 8 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Tenggara ke Barat Daya.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait kemungkinan hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang diprakirakan melanda sebagian wilayah pada Senin terutama pada siang hari.

Lima wilayah diprakirakan paling berpotensi dilanda hujan petir, yakni Sungailiat di Kabupaten Bangka, kemudian Kota Pangkalpinang, Koba dan Sungai Selan di Kabupaten Bangka tengah, serta Toboali di Kabupaten Bangka Selatan.

Hujan dengan intensitas sedang dan ringan juga berpeluang terjadi secara merata di seluruh wilayah terutama pada pagi, siang dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu antara 23 sampai 31 derajat celsius dan kelembaban udara 65-100 persen.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai sepanjang Senin diprakirakan cukup bersahabat.

Ketinggian pasang di Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan hanya 1,64 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 1,92 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 0,47 meter, di Toboali Bangka Selatan 1,65 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,81 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 0,90 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,66 meter.