Selasa, 22 Agustus 2017

Butuh Rp4 miliar bangun pengaman benteng anna

id benteng anna, bpbd, Fort Van Anna, biaya perbaikan, peninggalan Inggris, Mukomuko, Provinsi Bengkulu
Butuh Rp4 miliar bangun pengaman benteng anna
Benteng Anna (ANTARA/Ferri Arianto)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan daerah itu membutuhkan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk membangun bronjong pengaman sisa bangunan benteng "Fort Van Anna" peninggalan Inggris yang kritis akibat erosi Sungai Selagan pada tahun 2018.

"Kita membutuhkan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk membangun bronjong benteng Anna," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Erwin di Mukomuko, Senin.

Pemerintah daerah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah membuat nota kesepahaman atau MoU dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana terkait anggaran normalisasi sungai yang berdampak menimbulkan banjir dan erosi.

Ia mengatakan, kebutuhan anggaran untuk pembangunan bronjong pengaman benteng Anna sebesar Rp4 miliar sudah masuk dalam MoU tersebut.

Selanjutnya, dia mengatakan, instansi itu menunggu anggaran pembangunan bronjong pengaman benteng Anna  dari BNPB.

Sedangkan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII sebagai instansi teknis yang membuat perencanaan pembangunan bronjong pengaman benteng Anna tersebut.

Ia menargetkan, pembangunan bronjong pengaman benteng Anna di Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya pada tahun 2018.

BPBD setempat memperkirakan sisa bangunan benteng peninggalan Inggris di Pantai Indah Mukomuko dengan sungai hanya sekitar satu meter sehingga tidak bisa bertahan lama.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga