Jamkrida Sumsel jamin kredit ribuan pelaku UMKM

id Jaminan Kredit Daerah, Jamkrida, umkm, Dian Askin Hatta, kredit umkm, dana nasabah

Jamkrida Sumsel jamin kredit ribuan pelaku UMKM

Ilustrasi- Produk UKM Sumatera Selatan. (Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah atau Jamkrida Sumatera Selatan sejak Januari hingga Juli 2017 ini telah menjamin kredit 2.000 lebih pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

"Keberadaan PT Jamkrida Sumsel sekarang ini semakin dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelaku usaha yang selama ini sulit memperoleh pinjaman dari perbankan karena tidak memiliki jaminan kredit mulai memanfaatkan BUMD ini," kata Direktur Utama PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan Dian Askin Hatta, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pelaku UMKM yang membutuhkan dukungan untuk mendapatkan kredit, akan difasilitasi ke sejumlah bank yang menjalin kerja sama dengan PT Jamkrida.

Beberapa bank/lembaga keuangan yang bekerja sama untuk memfasilitasi pelaku UMKM memperoleh kredit yakni Bank Sumsel Babel, Bank DKI, BPR Kota Palembang, dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), katanya.

Dia menjelaskan, dengan adanya PT Jamkrida, pelaku UMKM yang serius menjalani usaha dan berupaya melakukan pengembangan tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman modal usaha kepada pihak perbankan dan lembaga pengelola dana bergulir (LPDB).

Kegiatan usaha yang selama ini bisa berjalan dengan baik namun sulit melakukan pengembangan karena keterbatasan modal usaha dan tidak memiliki aset berharga yang bisa dijaminkan untuk mendapatkan kredit, tidak perlu khawatir karena kreditnya akan dijamin perusahaan daerah ini.

Untuk menjamin kredit UMKM, pada tahun ini pihaknya mengalokasikan dana jaminan kredit yang cukup besar yakni lebih dari Rp500 miliar.

Alokasi dana jaminan kredit tersebut akan diupayakan lebih besar lagi, sehingga pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang difasilitasi mendapatkan kredit dari perbankan jumlahnya bisa lebih banyak lagi, ujarnya.