Wartawan galang dana bantu Amanda penderita Hydrocepalus

id galang, galang dana

Wartawan galang dana bantu Amanda penderita Hydrocepalus

Para wartawan galang dana untuk Amanda (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Sejumlah wartawan di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Rabu melakukan penggalangan dana untuk biaya perawatan Amanda bocah perempuan penderita Hydrocepalus berobat ke rumah sakit setempat.

Sekitar dua jam aksi pengumpulan dana yang dilakukan Solidaritas Wartawan Ogan Komering Ulu (OKU), mampu mengumpulkan dana sementara ini sebesar Rp 5.750.000, kata Herbet Nanggolan, salah satu wartawan media lokal OKU di Baturaja.

Menurut dia, aksi pengumpulan dana ini nantinya diserahkan kepada Amanda balita tiga tahun yang diduga mengalami hydrocephalus atau mengalami pembengkakan di bagian kepala. Amanda merupakan warga Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti.

Pantauan di lapangan, para wartawan menyambangi kantor-kantor pemerintahan dan swasta, termasuk turun ke jalan dengan membawa kotak kardus bertuliskan "donasi peduli Amanda penderita hydrocepalus".

Kalangan wartawan media televisi, media cetak, media online dengan kompak membantu untuk meringankan beban keluarga penderita hydrocepalus tersebut.

Menurut Herbet, niat semua kalangan wartawan adalah berusaha membantu baik secara moril maupun materil mengingat penderita termasuk kalangan kurang mampu.

Ia mengatakan, donasi yang telah dikumpulkan tersebut akan segera diberikan kepada orang tua Amanda.

Seperti diketahui, seorang bocah perempuan bernama Amanda, warga Desa Karang Endah, harus melawan penyakit hydrocephalus dan mengalami kejang-kejang beberapa kali dalam satu hari.

Bocah yang ditinggalkan sosok ayah setahun lalu karena bercerai dengan ibunya tersebut hanya diobati seadanya, bahkan saat ini Amanda tidak mendapatkan perawatan medis sama sekali karena tidak adanya biaya pengobatan.

"Sejak umur dua bulan anak saya menunjukan gejala-gejala penyakit ini, kepalanya mulai membesar dari hari-ke hari," kata Minarti, ibu Amanda.

Saat ini kepala Amanda makin membesar, setidaknya lingkaran kepalanya sudah mencapai 60 centimeter serta berat kepalanya sudah mencapai 5 kilogram atau sudah sepertiga berat tubuhnya yakni 11 kilogram.

Sementara itu, Ketua Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu (BPLB), Muslimin Jakpar berharap pemerintah atau para dermawan melihat juga kondisi Amanda yang merupakan tetangga nenek Rohaya (71) dinikahi remaja di bawah umur Slamet (16) lagi terkenal saat ini.

"Jangan cuma yang kawin nyeleneh saja ditolong, tapi bocah malang ini justru tidak dipedulikan," katanya.