Gubernur Sumsel perkenalkan hilirisasi unggulan daerah

id Alex Noerdin, Gubernur Sumsel, produk unggulan, kerajinan daerah, makanan khas daerah, Anugerah Iptek

Gubernur Sumsel perkenalkan hilirisasi unggulan daerah

Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memperkenalkan hilirisasi produk unggulan daerah pada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

"Sumsel kaya akan unggulan daerah sehingga itu perlu dibuat produk hilirisasi," katanya saat paparan sebagai penerima nomine inovasi daerah di Jakarta, Rabu (19/7).

Menurut dia, Sumsel kaya akan karet dan ikan paten sehingga produk unggulan tersebut terus dimaksimalkan, antara lain melalui hilirisasi.

Untuk karet telah dibuat, antara lain berbagai kerajinan daerah dan paten dibuat pindang yang diawetkan dalam kaleng.

"Produk itu cukup menjanjikan sehingga perlu dimaksimalkan," ujarnya.

Selain itu, katanya, kedua produk tersebut sebagai penguat inovasi daerah.

Ia menjelaskan produk unggulan tersebut produksinya tinggi sehingga perlu dikelola lebih maksimal, yang salah satunya dengan membuat turunannya.

"Jadi bila dikelola secara maksimal maka produk unggulan tersebut akan semakin memiliki nilai lebih tinggi baik mutu dan harga," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya memprioritaskan hilirisasi produk unggul supaya memiliki nilai jual tinggi.

Gubernur juga minta agar inovasi bukan hanya tingkat daerah tetapi regional.

Sumsel terpilih sebagai nomine Anugerah Iptek 2017 untuk kategori Budhipura. Penganugerahan diberikan kepada pemerintah provinsi atas prestasi dalam pembinaan kabupaten dan kota, baik dalam bentuk kebijakan maupun fasilitasi sumber daya.

Pemberian penghargaan itu akan dilaksanakan pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang akan dipusatkan di Kota Makassar, 10 Agustus 2017.