Olahraga panahan akan masuk paket wisata

id Isnaini Madani, dinas pariwisata, panahan, wisata palembang, Kompleks Olahraga Jakabaring, Perpani, memanah

Olahraga panahan akan masuk paket wisata

Ilustrasu . (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Olahraga panahan akan masuk dalam paket wisata olahraga di Palembang untuk memanfaatkan momen Asian Games XVIII tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Jumat mengatakan olahraga panahan ini dipilih karena dalam beberapa tahun terakhir cukup digemari masyarakat seiring banyaknya promosi.

Selain itu, infrastruktur di Kompleks Olahraga Jakabaring terbilang sangat memungkinkan karena terdapat arena panahan yang cukup luas.

"Rencananya dalam paket wisata destinasi wisata olahraga ini, wisatawan akan diberikan sensasi memanah layaknya atlet. Mereka akan diberikan mencoba lima busur," kata Ketua Pengurus Provinsi Perpani Sumsel ini.

Ia mengatakan pemerintah kota telah mengkaji beberapa cabang olahraga yang cukup relevan masuk dalam paket wisata ini.

Selain panahan, cabang olahraga menembak, dayung, serta sepak bola terbilang cukup menarik bagi wisatawan.

Hal ini sangat memungkinkan karena arena olahraga tersebut berada dalam satu kawasan yakni Kompleks Olahraga Jakabaring.

"Saya rasa jika ini diwujudkan maka Sumsel menjadi satu-satunya daerah yang memiliki paket wisata olahraga," kata Isnaini.

Kota Palembang bersiap menyambut perhelatan akbar Asian Games XVIII tahun 2018 dengan menggelar 10 cabang olahraga.

Berbagai sektor digenjot pertumbuhannya untuk memanfaatkan momen Asian Games ini, salah satunya sektor pariwisata.

Setidaknya 15.000 orang diperkirakan akan mendatangi Palembang saat Asian Games digelar.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.

***1**

(T.D019/B/M026/M026) 21-07-2017 13:45:26