Dinas Pendidikan Sumsel siap berikan bantuan hukum

id dinas pendidikan, widodo, ott, saber pungli

Dinas Pendidikan Sumsel siap berikan bantuan hukum

Widodo (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Palembang  (Antarasumsel.com) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan siap memberikan bantuan hukum terkait adanya dugaan pungutan dana  pengurusan sertifikasi guru yang sedang diproses di Polda setempat.

"Kami menyiapkan bantuan hukum supaya proses tersebut berjalan lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo di Palembang, Jumat.

Ia menjelaskan  pihaknya juga siap membantu proses penegakan hukum tersebut, dan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian.

"Semua orang berhak didampingi lembaga bantuan hukum bila tersandung kasus termasuk bawahan saya. Oleh karena itu kami juga akan kooperatif termasuk memberikan keterangan bila diperlukan penyidik," ujarnya.

Ketika ditanya mengenai pengurusan sertifikasi setelah adanya kejadian tersebut, dia mengatakan tetap akan berjalan karena itu secepatnya membentuk tim.

"Yang jelas pelaksanaan sertifikasi tidak boleh terhambat dan harus berjalan lancar," ujar dia, di Sumsel ada sekitar 9.500 guru dan dua pertiganya sudah mendapat sertifikasi, kata dia.

Sebagaimana bidang sertifikasi Dinas Pendidikan Sumsel diduga melakukan pungutan liar dan sekarang diproses di Polda Sumsel.