Eki bidik emas tolak peluru Sea Games

id tolak peluru, sea games, Eki Febri Ekawati, atlet indonesia, Asian Grand Prix, medali emas, target pertandingan

Eki bidik emas tolak peluru Sea Games

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Atlet tolak peluru putri cabang atletik Indonesia, Eki Febri Ekawati, membidik medali emas SEA Games 2017 di Malaysia, Agustus mendatang sebagai ajang pembuktian setelah memecahkan rekor nasional sejak 2016.

"Di Malaysia nanti adalah SEA Games kedua saya setelah terakhir ikut SEA Games pada 2011 di Indonesia. Saya akan memaksimalkan usaha nanti karena itu adalah pembuktian saya," kata Eki selepas mengikuti simulasi SEA Games 2017 di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu.

Atlet berusia 25 tahun itu mengatakan tiga kali memecahkan rekor yaitu pada perlombaan Taiwan Terbuka 2016, PON 2016, dan Asian Grand Prix 2017.

"Terakhir latihan di Bandung, saya dapat catatan jarak 15,6 meter. Saya ingin menembus rekor 16 meter," kata Eki.

Eki mengatakan persaingan ketat pada nomor tolak peluru putri, berdasarkan data 2016, berasal dari atlet Thiland dan atlet Vietnam.

"Atlet Thailand meraih jarak 15 meter. Sedangkan Vietnam dapat jarak 14,6 meter," kata Eki.

Eki mengaku masih akan memperbaiki teknik lemparannya sebelum berangkat ke Malaysia, pada Agustus.

"Saya sudah mengikuti latihan bersama pelatih Amerika Serikat Harry Marra selama tiga pekan. Saya masih harus memperbaiki teknik seperti gerakan kaki dan tangan," ujar Eki.

Jika sukses menyabet medali emas SEA Games, Eki mengatakan akan meningkatkan prestasinya agar dapat meraih medali dalam Asian Games 2018.

PB PASI mengirimkan 28 atlet dalam SEA Games ke-29 di Malaysia itu. Jumlah itu terdiri dari 20 atlet yang terdaftar dalam Satlak Prima serta delapan atlet muda atletik tambahan PB PASI.

"Mungkin akan ada perubahan jumlah atlet yang akan ikut ke Malaysia nanti. Target kami adalah meraih hasil lebih baik dibanding SEA Games sebelumnya," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor M. Tanjung.