Permintaan perlengkapan sekolah di Palembang masih tinggi

id baju sekolah, perlengkapan sekolah, pusat perbelanjaan, buku, perlengkapan menulis, pena, buku gambar, pedagang

Permintaan perlengkapan sekolah di Palembang masih tinggi

Pedagang buku sekolah . (Antarasumsel.com/Dolly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Permintaan perlengkapan sekolah di pertokoan pusat perbelanjaan dan pasar tradisional di Kota Palembang, Sumatera Selatan masih tinggi.

Pantauan di sejumlah toko yang menyediakan pakaian seragam, tas, sepatu, buku dan alat tulis di Palembang, Ahad, tampak dipadati para orangtua yang sebelumnya benar-benar tidak sempat membeli dan melengkapi kekurangan beberapa perlengkapan sekolah anak mereka.

Salah seorang pedagang perlengkapan sekolah di pasar tradisional 16 Ilir Palembang Maleha menjelaskan permintaan perlengkapan sekolah puncaknya pada pekan lalu, namun sekarang ini masih cukup tinggi.

"Hari ini perlengkapan sekolah yang masih cukup banyak dibeli buku dan alat tulis," ujarnya.

Dia menjelaskan, permintaan perlengkapan sekolah mulai meningkat sejak awal Juli 2017 atau mendekati mulai masuknya Tahun Ajaran baru 2017/2018.

Untuk menghadapi peningkatan permintaan perlengkapan sekolah tahun ini, pihak menyediakan stok dalam jumlah yang cukup besar menyesuaikan permintaan masyarakat sehingga bisa dicegah terjadi lonjakan harga yang tinggi dampak tingginya permintaan, katanya.

Sementara pedagang lainnya Neni Triana mengatakan, momentum Tahun Ajaran baru ini memberi berkah tersendiri bagi dirinya karena penjualan perlengkapan sekolah di tokonya yang ada di salah satu pusat perbelanjaan modern di Palembang itu mengalami peningkatan.

"Beberapa pekan ini bisa menjual ratusan stel pakaian seragam sekolah SD hingga SMA, sepatu, serta ratusan lusin buku tulis, pena, pensil, dan kotak alat tulis, padahal dalam kondisi normal hanya bisa menjual puluhan stel/lusin perlengkapan sekolah itu," ujarnya.

Mengenai harga jual, pihaknya tetap memberlakukan harga seperti biasanya meskipun terjadi peningkatan permintaan.

Pakaian seragam sekolah dijual dengan harga Rp135.000-Rp240.000 per stel, sepatu standar untuk anak sekolah Rp65.000-Rp185.000 per pasang, buku tulis dijual dengan harga berkisar Rp22.000 hingga Rp37.500 per lusin sesuai dengan ukuran dan banyak lembaran isinya.

Pena Rp1.250 hingga Rp4.500 per buah, pensil Rp750 hingga Rp2.000 per batang, kotak alat tulis dijual Rp17.500 hingga Rp65.000 per buah, sampul buku Rp7.500 hingga Rp15.000 per lusin, kata pedagang itu menambahkan.