Gol di babak kedua bawa AS ke final

id Piala Emas, timnas amerika, final, sepak bola amerika, Kosta Rika, Patrick Pemberton, Dempsey, semi final

Gol di babak kedua bawa AS ke final

Penyerang Tim Nasional Amerika Serika Jozy Altidore (kanan). (Antarasumsel.com/REUTERS/Cathal McNaughton)

Washington (Antara/Reuters) - AS melaju ke final Piala Emas 2017 setelah gol-gol di babak kedua yang dibukukan Jozy Altidore dan Clint Dempsey mengamankan kemenangan 2-0 tuan rumah atas Kosta Rika pada Sabtu.

Altidore memecah kebuntuan pada menit ke-72 ketika ia mencungkil bola melewati kiper Patrick Pemberton, memanfaatkan umpan terobosan kiriman pemain pengganti Dempsey.

Dempsey menjadi pencetak gol sepuluh menit kemudian melalui tendangan bebas yang melengkung mendatar dan masuk ke sisi kiri Pemberton.

Itu merupakan gol ke-57 Dempsey untuk negaranya, membuat ia menyamai koleksi gol Landon Donovan pada daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa AS.    

Bagaimanapun, gol-gol itu merupakan momen-momen langka kegembiraan pada apa yang menjadi pertandingan yang berlangsung buruk, khususnya untuk Kosta Rika, yang sangat jarang merepotkan Tim Howard di gawang AS.

Penyerang AS Jordan Morris memiliki peluang yang mengenai mistar gawang saat pertandingan baru berlangsung 13 detik, namun itu merupakan satu-satunya aksi menarik pada babak pertama.

Kedua tim memperbaiki penampilan pada babak kedua, namun tim tuan rumah jauh lebih lapar, di mana Howard, Altidore, dan Dempsey, tiga pemain yang bergabung ke skuad setelah pertandingan-pertandingan fase grup, terbukti menjadi penambahan kunci.

Kemenangan ini membawa Bruce Arena memiliki laju 13 pertandingan tanpa kekalahan sejak menggantikan Juergen Klinsmann November silam. Mereka kini akan berhadapan dengan Meksiko atau Jamaika, yang akan bertanding pada semifinal yang berlangsung Minggu, pada final Rabu depan di Santa Clara, Kalifornia.

AS telah memenangi turnamen ini sebanyak lima kali sejak mereka pertama kali menjadi tuan rumah pada 1991. (H-RF)