Jumat, 20 Oktober 2017

Pemerintah kota agendakan "Palembang heritage run"

id Asian Games, Isnaini Madani, olahraga, Jakabaring Sport City, pemkot palembang, objek wisata
Pemerintah kota agendakan
Isnaini Madani.(Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang menggagendakan kegiatan "Palembang Heritage Run" untuk mempromosikan kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Senin, mengatakan, kegiatan ini akan memadukan kegiatan wisata dengan kegiatan olahraga karena Palembang ingin mengedepankan sektor wisata olahraganya.

"Rencananya para peserta akan berlari melintasi tempat-tempat wisata bersejarah, dengan cara lari maraton dan bersepeda. Jika memungkinkan, para peserta juga akan berenang di danau buatan Jakabaring untuk sekaligus memperkenalkan Jakabaring Sport City," kata Isnaini.

Ia mengatakan wisata olahraga ini merupakan potensi luar biasa yang dimiliki Sumatera Selatan karena belum ada daerah di Indonesia yang menggarapnya.

Keberadaan Jakabaring Sport City akan dimaksimalkan yakni bukan sebatas tempat menyelenggarakan pertandingan olahraga tapi menjadi destinasi wisata.

Pemkot Palembang juga mengajak kalangan investor sektor pariwisata melirik peluang ini mengingat Palembang kerap menjadi tuan rumah ajang olahraga skala nasional dan internasional.

Keaktifan kalangan swasta ini sangat diharapkan mengingat dana pemerintah sangat terbatas.

"Saat ini kami sedang merancang tempat-tempat yang cocok untuk dijadikan paket wisata olahraga dan heritage ini," ujar dia.

Kota Palembang bersiap menyambut perhelatan akbar Asian Games XVIII tahun 2018 dengan menggelar 10 cabang olahraga.

Berbagai sektor digenjot pertumbuhannya untuk memanfaatkan momen Asian Games ini, salah satunya sektor pariwisata.

Setidaknya 15.000 orang diperkirakan akan mendatangi Palembang saat Asian Games digelar.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.***1**





(T.D019/B/I006/I006) 24-07-2017 14:04:10

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga