KPU berharap NPHD sebelum akhir Juli selesai

id kpi, Aspahani, Komisi Pemilihan Umum, kpu sumsel, pilkada, aset daerah, NPHD, pemilu sumsel, dana pilkada

KPU berharap NPHD sebelum akhir Juli selesai

(ANTARA/Muhammad Adimaja)

Palembang (Antarasumsel.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan berharap naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk pembiayan pilkada di provinsi itu sebelum akhir Juli 2017 sudah selesai seluruhnya.

"Kita berharap bahwa seluruh pembiayaan untuk pilkada yang dituangkan dalam naskah perjanjian hibah daerah akhir Juli ini sudah selesai semua," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan Aspahani di Palembang, Senin.

Menurut dia, beberapa kabupaten/kota sudah melaporkan, ada Empatlawang, Banyuasin, Pagaralam, dan Ogan Komering Ilir. Dengan demikian, tinggal lima daerah lagi yang belum.

"Itu yang sudah melapor kepada saya. Daerah yang belum, ada beberapa sudah siap tanda tangan. Batas waktunya Juli," katanya.

Ia lantas melanjutkan, "Daerah yang belum itu apakah hambatannya atau hal teknis administrasi saja."

Kalau untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, menurut dia, melihat perkembangannya sudah selesai draf NPHD, tinggal administrasi saja dikoreksi, mudah-mudahan sebelum akhir Juli sudah selesai.

Mengenai anggarannya, lanjut dia, sebesar Rp318 miliar sesuai dengan yang sudah dibahas bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah dengan harapan masih bisa bertambah dengan kebutuhan-kebutuhan wajib ke depannya.

"Angka Rp318 miliar itu jangan sampai kurang yang pasti untuk kebutuhan-kebutuhan wajib kita alokasikan," tuturnya.

Anggaran itu total keseluruhan yang dibutuhkan untuk pilkada pada tahun 2018 dan dialokasikan pada tahun 2017 dan 2018.

Pada tahun 2017, ada alokasi disiapkan Rp40 miliar yang pencairannya setelah NPHD ditandatangani, sedangkan kekurangannya secepatnya mungkin di awal 2018 sudah diterima.

Pilkada serentak pada tahun 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel dan ditambah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.