Jumat, 20 Oktober 2017

Pemkot Palembang benahi pengelolaan sampah

id sampah, pemkot palembang, Harobin Mustafa, pengelolaan sampah, Dinas Kebersihan
Pemkot Palembang benahi pengelolaan sampah
TPA Sukawinatan Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya melakukan pembenahan dalam pengelolaan sampah rumah tangga, pasar, perkantoran, pusat perbelanjaan modern dan tempat lainnya untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan kota.

Pengelolaan sampah yang sudah berjalan baik selama ini perlu dilakukan sedikit pembenahan sehingga sampah sudah terangkut ke tempat pembuangan akhir sebelum menimbulkan bau yang kurang sedap dan merusak keindahan kota, kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk membenahi pengelolaan sampah, pihaknya mendorong Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Palembang melakukan modernisasi atau perubahan tata pengelolaan sampah yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi kemajuan kota sekarang ini.

Sejumlah peralatan yang kondisinya kurang baik perlu dilakukan penggantian dengan yang lebih canggih dan modern, menambah kotak sampah di pusat kegiatan masyarakat, menyiapkan tempat penampungan sampah sementara di kawasan permukiman penduduk, dan memaksimalkan petugas kebersihan, katanya.

Dia menjelaskan, Kota Palembang yang ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta, berupaya melakukan berbagai pembenahan sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada semua peserta dan tamu undangan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Selain melakukan pembenahan dengan memaksimalkan jajaran Pemkot Palembang, pihaknya mengharapkan partisipasi dari semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kebersihan lingkungan harus dipelihara secara bersama-sama, tidak mungkin bisa dilakukan oleh pemerintah kota saja karena terbatasnya anggaran dan petugas kebersihan.

Beberapa waktu lalu, dirinya melakukan terguran keras terhadap pengelola pusat perbelanjaan modern karena kurang memperhatikan kebersihan lingkungan dan tidak melakukan pengelolaan sampah di lingkungan tempat usahanya dengan baik.

Dengan teguran itu dan kerja sama yang baik, sekarang ini pengelolaan sampah di pusat perbelanjaan modern mulai baik dan bau kurang sedap yang keluar dari salah satu sudut mal yang selama ini dikeluhkan masyarakat sudah tidak terjadi lagi.

Melalui pembenahan pengelolaan sampah dan partisipasi dari semua pihak dan lapisan masyarakat, pihaknya optimistis sampah yang dihasilkan dari rumah tangga, aktivitas perkantoran dan bisnis bisa diangkut dengan baik sehingga dapat dihindari timbulnya bau kurangsedap dari penumpukan sampah di suatu titik dalam waktu lebih dari satu hari, kata sekda.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga