NPHD Pilkada Sumsel Rp318 miliar ditandatangani

id Aspahani, kpu, dana hibah, pemilu pilkada, perjanjian, pemerintah, pemilihan gubernur

NPHD Pilkada Sumsel Rp318 miliar ditandatangani

Komisi Pemilihan Umum (ANTARA /Muhammad Adimaja)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Ketua KPU Sumsel Aspahani menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk pemilihan gubernur-wakil gubernur tahun 2018 sebesar Rp318 miliar.

NPHD yang merupakan tahapan persiapan yang harus diselesaikan dalam pilkada serentak 2018, pencairanya dilakukan dalam dua tahun anggaran yaitu senilai Rp40 miliar tahun 2017, sedangkan sisanya Rp278 miliar akan dicairkan pada 2018, kata Aspahani di Palembang, Selasa.

Pihaknya mengapresiasia Pemprov Sumsel atas kesiapan anggaran ini, yang akan diikuti pula oleh empat kabupaten lainya setelah kabupaten Lahat, Empat Lawang, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Muaraenim dan Pagar Alam selesai NPHDnya.

"Banyak sekali yang harus kita persiapkan dalam tahapan ini salah satunya anggaran pilkada dan alhamdulillah sudah ditandatangani bersama gubernur hari ini," katanya.

Ia juga optimistis tahapan akan berjalan sesuai tahapan program dan jadwal.

Sementara mengenai kecukupan anggaran, Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi mengatakan, dalam tiga tahap pengajuan anggaran telah beberapa kali mengalami perubahan setelah dibahas oleh tim TAPD Pemprov Sumsel dan KPU Sumsel berusaha memaksimalkannya mulai dari Rp441 miliar, kemudian Rp404 miliar hingga dikritisi lagi menjadi Rp318 miliar.

Ia menyatakan, mengingat keterbatasan anggaran Pemprov maka KPU Sumsel akan memaksimalkan anggaran khususnya di tahapan sosialisasi yang banyak sekali mengalami pengurangan.

Hasil pembahasan dengan TAPD anggaran ini tidak mungkin lagi dikurangi sedangkan penambahan masih bisa dimungkinkan, katanya.