Sabtu, 19 Agustus 2017

140 sekolah Bengkulu terapkan lima hari sekolah

id bengkulu, sekolah, SD, SMP, SMA, SMK, lima hari sekolah, dinas pendidikan, Rejang Lebong
140 sekolah Bengkulu terapkan lima hari sekolah
Dokumentasi- Sejumlah siswa SD terburu-buru berangkat sekolah.(Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)
Rejang Lebong (Antarasumsel.com) - Sebanyak 140 sekolah di Provinsi Bengkulu mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan akan menerapkan program lima hari sekolah.

"Ada 140 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK yang mulai tahun ajaran 2017/2018 akan menerapkan program lima hari sekolah, termasuk empat sekolah di Kabupaten Rejang Lebong," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Ade Erlangga usai mengikuti pelepasan siswa SMK magang ke Malaysia di lapangan Yonif 144 Jaya Yudha, Rejang Lebong, Selasa.

Sekolah yang menerapkan program lima hari sekolah tersebut kata dia, tersebar di 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Program lima hari sekolah itu  merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk penguatan karakter anak, jika program ini dijalankan dengan baik dan tepat sasaran, para siswa tidak hanya menerima pelajaran sekolah melainkan juga pelajaran ekstrakurikuler.

"Program lima hari sekolah itu harus benar-benar tepat dan juga harus menyenangkan, jangan sampai nantinya kegiatannya monoton," ujarnya.

Ditambahkan dia, dalam penerapan program lima hari sekolah ini tenaga pengajar ekstrakulikuler dapat masuk ke sekolah dalam rangka mengembangkan kompetensi, baik kompetensi psikologis, kompetensi knowledge serta kompetensi keterampilan.

Sementara itu Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Rejang Lebong Asep Suparman menjelaskan empat sekolah di wilayah itu yang menerapkan program lima hari kerja antara lain SMK Negeri 2 Rejang Lebong, SMKN 3 Rejang Lebong, SMK Negeri Bermani Ulu serta SMK Negeri Selupu Rejang.

Teknis pelaksanaan program lima hari sekolah kata Asep, jam belajar siswa akan ditambah dari hari biasanya pulang jam 13.00 WIB menjadi pukul 16.30 WIB, dari lima hari sekola ini satu hari di antaranya para siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga