Selasa, 22 Agustus 2017

Operasi Amanda penderita kepala membesar berjalan lancar

id amanda, jalani operasi
Operasi Amanda penderita kepala membesar berjalan lancar
Amanda jalani operasi di RSMH Palembang (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)
Baturaja (Antarasumsel.com) - Operasi Rizky Amanda, balita penderita penyakit kepala membesar sejak lahir asal Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu, akhirnya benar-benar dilaksanakan di Rumah Sakit dr Mohammad Husin Palembang dan berjalan lancar.

Balita usia tiga tahun ini penderita penyakit kepala membesar (hydrocephalus), dioperasi di Ruang Operasi Rumah Sakit Muhammad Husin (RSMH) Palembang, Selasa (25/7) sore, kata Direktur Rumah Sakit Ibnu Sutowo Baturaja, dr Rynna Dyana yang merujuk pasien ke RSMH di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, tim medis mengoperasi Amanda  selama dua jam dari Departemen Bedah Syaraf yang dikepalai Dr Trijoso Sp.BS. Selain itu juga ditangani tim dan para dokter spesialis anak.

"Masuk kamar operasi sekitar pukul 16.30 WIB dan tim medis selesai melakukan tugasnya selama dua jam," kata dr Rynna.

Selaku rumah sakit yang merujuk Rizky Amanda, pihaknya berterima kasih kepada semua tim medis yang terlibat dalam operasi tersebut.

Menurut dia, kondisi Amanda saat ini sudah stabil pascaoperasi. Dia sudah dikeluarkan dari ruang operasi untuk dirawat inap kembali di ruang Lakitan Kamar IV.

Sementara dari kasus-kasus yang sudah ada seputar operasi jenis penyakit yang diderita Amanda tersebut, biasanya masa pemulihan membutuhkan waktu empat sampai lima hari.

Bila pasien dinyatakan benar-benar pulih dalam kurun waktu itu, menurut dr Rynna maka dokter yang menanganinya akan memperbolehkan pasien untuk pulang.

"Belum mendapat informasi seberapa banyak cairan yang dikeluarkan dari kepala Amanda. Tapi, terlihat dari selang yang dipasang tim medis, ada dua selang untuk mengeluarkan cairan menumpuk di kepala Amanda hingga beratnya ditaksir mencapai 5 Kg, satu selang dipasang di kepala dan satunya lagi di perut," katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga