Jumat, 18 Agustus 2017

Kakanwil minta Kades laporkan pertanggung jawaban keuangan

id desa, dana desa
Kakanwil minta Kades laporkan pertanggung jawaban keuangan
Desa Espe programkan pembangunan siring (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumsel Sudarso minta supaya kepala desa segera menyampaikan laporan petanggung jawaban keuangan yang telah digunakan sebelumnya, supaya anggaran pemerintah pusat itu dapat disalurkan kembali.

Hal ini karena masih ada beberapa desa yang belum menyampaikan laporan pertanggung jawaban keuangan, kata Sudarso di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan, pertanggung jawaban laporan keuangan penting karena pemerintah ingin melihat program yang dilaksanakan.

Selain itu dengan adanya laporan pertanggung jawaban itu maka kegunaan dana dapat dilihat apakah tepat sasaran.

Namun yang lebih penting lagi laporan pertanggung jawaban sebagai salah satu syarat pencairan dana bantuan pemerintah pusat tersebut.

Sehubungan itu kepala desa segera menyampaikan laporan supaya dana tersebut dapat dimanfaatkan, ujar dia.

Dana desa tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan dan itu menjadi salah satu tugas pemerintah.

Sebelumnya Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Sumsel, Yusnin mengatakan, dana desa dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur desa yang dibutuhkan.

Dana desa bisa digunkan untuk membangun jalan dan jembatan atau sesuai kebutuhan masyarakat setempat, karena desa sebagai ujung tombak pembangunan sehingga masyarakatnya harus sejahtera, tambah dia.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga