Ajax imbangi Nice di kualifikasi Liga Champions

id Ajax, Nice, Liga Champions, pertandingan sepak bola, Young Boys Berne, Astana

Ajax imbangi Nice di kualifikasi Liga Champions

Pemain Nice berebut bola. (Reuters)

Berne (Antara/Reuters) - Ajax masih berada di jalur untuk mencapai playoff Liga Champions setelah bermain imbang 1-1 di markas Nice pada leg pertama kualifikasi putaran ketiga mereka, sedangkan Celtic ditahan imbang tanpa gol di kandang sendiri oleh Rosenborg pada Rabu.

Dynamo Kiev menang 3-1 atas tamunya Young Boys Berne, dan juara Kazakhstan Astana menaklukkan Legia Warsawa dengan skor yang sama untuk mempertahankan harapan mereka mencapai fase grup untuk kedua kalinya dalam tiga musim tetap hidup.

Penyerang asal Italia Mario Balotelli membawa Nice unggul melalui penyelesaian jarak dekatnya setelah laju cepat yang dilakukan gelandang Jean Michael Serri pada menit ke-32.

Namun Ajax, runner up Liga Europa musim lalu, menyamakan kedudukan setelah pertahanan buruk tim lawan membuat gelandang Donny van de Beek mampu menyambar bola dari jarak sepuluh meter.

Harapan-harapan Celtic tetap terjaga setelah pertandingan mereka melawan juara Norwegia, yang semestinya dapat menjadi pihak yang lebih diunggulkan pada leg kedua ketika Yann-Erik de Lanlay menyia-nyiakan peluang bagus pada menit ke-60.

Sang penyerang melepaskan tembakan dari jarak sepuluh meter yang melambung di atas mistar gawang saat ia tinggal menaklukkan kiper Craig Gordon, namun Celtic tidak mampu memaksimalkan peluang bagus pada fase akhir pertandingan.

Istanbul Basaksehir, yang melakukan penampilan perdananya di Liga Champions, nyaris memberikan kejutan pada malam itu setelah bangkit dari tertinggal dua gol pada pertandingan yang berakhir imbang 3-3 dengan Club Bruges.  
 
Tuan rumah terlihat mengendalikan situasi setelah mencetak dua gol dalam 16 menit pembukaan, namun mereka dikejutkan ketika Marcio Mossoro melesakkan sepasang gol dan Eljero Elia menambahi satu gol lagi untuk membalikkan situasi.

Stefano Denswil menggagalkan kemenangan Bruges, namun mereka masih menghadapi tugas berat pada leg kedua.

Patrick Twumasi mencetak gol pada menit ke-90 untuk memicu kegembiraan para penggemar Astana setelah Armando Sadiku mencetak satu gol untuk Legia, yang tertinggal 0-2 saat turun minum.

Terdapat pula drama pada akhir pertandingan dan dua gol di fase akhir laga di Kiev, di mana pemain Dynamo Denis Garmash menjadi pencetak gol terakhir setelah Christian Fassnacht membukukan apa yang terlihat menjadi gol tandang yang vital bagi Young Boys.

Andriy Yarmolenko dan Dieumerci Mbokani membawa Dynamo memimpin 2-0 pada babak pertama di Stadion Olimpiyskyi stadium, arena berlangsungnya final Liga Champions tahun depan.

Juara Kroasia Rijeka, yang mengincar penampilan perdananya di fase grup, bermain imbang 1-1 di Salzburg setelah penyerang tuan rumah asal Korea Selatan Hee Chan Hwang membatalkan gol tandukan kepala Mario Gavranovic.(H-RF)