Senin, 23 Oktober 2017

Pengunjung Museum SMB Palembang diupayakan meningkat

id museum, museum smb palembang
Pengunjung Museum SMB Palembang diupayakan meningkat
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (Antarasumsel.com/Nila)
Palembang (Antarasumsel.com) - Jumlah pengunjung yang datang ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diupayakan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, kata Kasi Permuseuman dan Bangunan Bersejarah Dinas Kebudayaan setempat, Nyimas Ulfah Aryeni.

"Kita berupaya terus untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB)II," kata Nyimas Ulfah Aryeni, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, rata-rata yang berkunjung ke Museum SMB II Palembang itu 50-100 orang per hari.

Mereka yang berkunjung itu banyak dari luar Kota Palembang, bahkan wisatawan luar negeri seperti Malaysia dan Singapura juga datang ke sini, katanya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke museum tersebut, pihaknya juga terus berbenah dengan melakukan perbaikan.

Selain itu juga terus melakukan promosi melalui media untuk menarik para wisatawan datang ke sini, ujarnya.

Sementara, lanjutnya untuk karcis masuk ke museum tersebut kalau umum Rp5.000 perorang, kemudian pelajar Rp1.000 perorang dan mahasiswa Rp2.000 perorang.

Pada tahun 2016 jumlah pengunjung SMB II Palembang sekitar 23 ribu lebih, sedangkan pada tahun 2017 ini diharapkan mengalami peningkatan dari jumlah tersebut atau sekitar 25 ribu sampai 30 ribu pengunjung, katanya.

Museum SMB II ini terletak di kawasan wisata Benteng Kuto Besak, di bantaran Sungai Musi. Sementara di dalam museum terdapat beberapa koleksi benda-benda bersejarah. Benda-benda bersejarah yang terdapat dalam museum sekitar 669 buah.

Aneka koleksi tersebut meliputi arkeologika, biologi, etnografika, seni rupa, keramologika dan numismatika, katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga