Minggu, 22 Oktober 2017

Pemkot Palembang benahi objek wisata air

id Benteng Kuto Besak, sungai, objek wisata, wisatawan, Harobin Mustafa, Sekda Palembang, wisata air
Pemkot Palembang benahi objek wisata air
dokumentasi- Sejumlah warga naik kapal ketek di bantaran Sungai Musi Palembang. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya membenahi objek wisata air terutama yang ada di kawasan Benteng Kuto Besak untuk memperindah wajah kota dan menarik wisatawan berkunjung ke kota ini.

"Objek wisata air cukup diminati wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke kota ini, dengan dilakukan pembenahan akan memiliki daya tarik yang lebih besar," kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Benteng Kuto Besak yang berada di pinggir Sungai Musi yang menjadi titik awal kegiatan wisata air, akan diperindah dengan menambah tugu ikan belido yang merupakan ikan langka dan khas kota pempek ini.

Sebelum melakukan perjalanan wisata air menikmati pemandangan aktivitas masyarakat di sepanjang daerah ailiran sungai dan kemegahan Jembatan Ampera, wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan objek wisata itu dan mengambil foto kenangan dengan latar belakang tugu ikan belido.

Jika wisatawan melakukan perjalanan wisata ke Singapura berfoto dengan latar belakang singa laut (merlion) nantinya jika ke Kota Palembang bisa berfoto dengan latar belakang ikan belido yang juga seklaigus bisa mendapatkan latar belakang Jembatan Ampera yang selama ini menjadi ikon kota pempek ini, kata Harobin.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan objek wisata untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan ribuan tamu pada pelaksanaan Asian Games yang direncanakan Agustus 2018.

"Tamu yang hadir di kota ini tidak hanya atlet yang akan mengikuti pertandingan tetapi juga ada yang hanya ingin menonton dan sebagai pendamping, tamu-tamu yang tidak bertanding tentunya membutuhkan hiburan mengunjungi objek wisata dan tempat menarik lainnya.

Untuk memberikan kesempatan kepada tamu yang akan menikmati hiburan itu, perlu disiapkan tempat-tempat wisata yang menarik dan nyaman sehingga dapat memberi kesan positif yang diharapkan setelah pelaksanaan ajang olahraga itu bisa menarik teman dan keluarganya berkunjung kembali ke Bumi Sriwijaya ini, ujar sekda.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin sebelumnya mengharapkan Pemkot Palembang melakukan penataan dan pengembangan objek wisata menghadapi pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Potensi pariwisata di Ibu kota provinsi ini tersedia cukup banyak baik wisata sungai, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner yang jika ditata dan dikemas dengan baik bisa memiliki nilai jual yang tinggi serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegera, kata gubernur.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga