Selasa, 24 Oktober 2017

Tarian berusia 107 tahun tampil di Padang

id tarian, padang, Kaba Festival, Mediakala
Tarian berusia 107 tahun tampil di Padang
Koreografer tari 'Mediakala' Rianto. Karya ini akan ditampilkan dalam Kaba Festival 4 di Taman Budaya Sumatera Barat pada 3 Agustus 2017 (Ist)
Padang (ANTARA Sumsel) - Tarian tradisional berusia 107 tahun asal Banyumas, Jawa Tengah akan tampil di "Kaba Festival 4" di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, pada 2-5 Agustus 2017.

Direktur Kaba Festival Angga Djamar di Padang, Sabtu, mengatakan tarian tersebut akan ditampilkan langsung oleh koreografer Rianto dengan judul karya Mediakala.

"Rianto dengan karya Mediakala akan tampil pada hari kedua festival yakni 3 Agustus 2017 di Taman Budaya Sumbar," katanya.

Kaba Festival adalah festival kesenian di Sumatera Barat yang digelar untuk memfasilitasi seniman dalam menampilkan karya seni.

Ia menyebutkan karya Mediakala itu merupakan hasil penghayatan terhadap Lengger yang merupakan sebuah tari tradisi lintas gender yang diperkirakan telah ada semenjak tahun 1910.

"Karya ini merupakan hasil pembacaan dan penghayatan intensif yang dilakukan Rianto terhadap Lengger, salah satu tari tradisi asal Banyumas," ujarnya.

Koreografer karya Mediakala, Rianto mengatakan karya ini merupakan bagian dari karya tari Medium, yaitu sebuah garapan tari kontemporer yang telah digarapnya semenjak dua tahun lalu dan sudah ditampilkan di berbagai pentas nasional maupun internasional.

Menurut dia, lazimnya tari tradisional tersebut dimainkan oleh dua orang, masing-masing seorang pria dengan topeng dan perempuan dengan konde.

"Tarian ini juga dimainkan seluruhnya oleh laki-laki yang didandani serupa perempuan," ujar Rianto.

Ia menambahkan sebagaimana kesenian tradisional Jawa pada umumnya, keseimbangan dan harmonisasi menjadi nilai-nilai utama yang hendak disampaikan.

"Hal tersebut berupa hubungan yang harmonis antara lelaki dan perempuan, adat istiadat dan prinsip agama, kontrol diri dan ketidaksadaran," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga