Sabtu, 19 Agustus 2017

DPR minta pembimbing haji utamakan jamaah lansia

id haji, lansia, DPR ri, persiapan, makkah, keberangkatan, pegawai, pemandu haji
DPR minta pembimbing haji utamakan jamaah lansia
Dokumentasi - Petugas menyuntikkan vaksin Meninghitis pada salah satu calon haji di Puskesmas. ANTARA FOTO/ Feny Selly/Parni/
Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi VIII DPR minta petugas haji mengutamakan membimbing jamaah calon haji lanjut usia karena kemampuan fisik mereka sudah terbatas.

Apalagi sekarang ini masih banyak jamaah calon haji yang lanjut usia sehingga perlu perhatian khusus, kata anggota Komisi VIII DPR RI M Iqbal Romzi di Palembang, Selasa.

Menurut dia, bahkan pemerintah mengutamakan pemberangkatan calon haji usia tertua dalam menunaikan rukum Islam kelima tersebut.

Oleh karena itu petugas haji harus memperhatikan secara khusus jamaah calon haji lanjut usia tersebut, kata anggota DPR RI asal Sumsel itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang jamaah calon haji sekarang ini jumlahnya cukup banyak karena ada penambahan pemberangkatan.

Sehubungan itu dalam membimbing jamaah harus semakin maksimal supaya mereka dapat beribadah secara khusuk.

Begitu juga koordinasi harus selalu dilaksanakan supaya jamaah tidak ada kendala, ujar dia.

Kesemua itu tidak lain supaya pemberangkatan termasuk dalam mengerjakan rukun Islam kelima serta kepulangan nanti berjalan lancar, kata dia.

Dia mengatakan, bukan itu saja tetapi nantinya jamaah tersebut menjadi haji mabrur karena itu tujuan beribadah.

Ketika ditanya mengenai kesiapan sendiri, dia mengatakan, semua calon haji khususnya Sumsel siap berangkat ke-tanah suci.

Hal ini karena dokumen pemberangkatan sudah lengkap yang diharapkan semuanya berjalan lancar, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga