Jumat, 18 Agustus 2017

Pertamina tambah 51 persen avtur penerbangan haji

id avtur, pertamina sumbagsel
Pertamina tambah 51 persen avtur penerbangan haji
Pertamina tambah pasokan avtur untuk layanan penerbangan jamaah haji embarkasi Palembang (Antarasumsel.com/ Evan Ervani/17)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel telah menyiapkan tambahan avtur sebanyak 51 persen dari rata-rata normal setiap bulan selama penerbangan musim haji 2017.

Pertamina akan menyiapkan kebutuhan bahan bakar avtur sesuai dengan permintaan armada penerbangan yang akan memberangkatkan para calon haji melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, kata General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, penambahan suplai avtur itu untuk mendukung penerbangan 19 kloter haji yang berangkat dari embarkasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Ia menyebutkan, untuk musim haji tahun ini Pertamina menambah penyaluran bahan bakar avtur sebanyak 1.900 kiloliter.

Selain itu, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) selama musim haji akan beroperasi 24 jam, karena pengisian bahan bakar pesawat yang melayani jemaah haji rata-rata akan terbang setelah pukul 18.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

Ia mengatakan, DPPU SMB II akan melayani pesawat pengangkut jemaah haji berjenis B747-400 dengan kapasitas sekitar 450 penumpang yang akan terbang langsung ke Madinah dan Jeddah setiap harinya.

Guna mendukung kinerja pengisian bahan bakar avtur ke pesawat, Pertamina juga sudah melakukan penambahan tiga bridger dengan kapasitas 16 kl serta satu brigder berkapasitas 24 kl dengan ketahanan stok di DPPU selama lima hari.

Dia mengakui, avtur untuk musim haji mengalami peningkatan bila dibanding tahun 2016, mengingat pada tahun 2017 ini sebanyak 19 kloter haji, sedangkan tahun sebelumnya hanya 13 kloter.

Pemberangkatan haji di wilayah Sumbagsel hanya di Bandara SMB II Palembang, karena merupakan embarkasi haji, sedangkan daerah lain, yaitu Lampung, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung belum menjadi embarkasi dan debarkasi haji.

Avtur yang disiapkan berasal dari Pertamina Refinery Unit III, Plaju, ujarnya lagi.

Setiap tahun Pertamina berupaya secara maksimal untuk memberikan pelayanan kepada para jemaah haji, sama halnya dengan tahun ini.

"Kami berharap semua dapat dilayani dengan baik," katanya.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama Sumsel, jumlah calon haji yang akan terbang melalui embarkasi Bandara SMB II sekitar 8.000 orang calon haji lebih dengan jadwal penerbangan mulai 4 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2017, serta periode kepulangan pada 13 September hingga 2 Oktober 2017.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga