Sabtu, 19 Agustus 2017

Jamaah calon haji gunakan gelang pendeteksi

id haji, M Alfajri Zabidi, gelang pendeteksi, barcode, Arab Saudi, indentitas, makkah
Jamaah calon haji gunakan gelang pendeteksi
Dokumen foto jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (ANTARA)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jamaah calon haji dari Sumatera Selatan diberi gelang pendeteksi untuk mengetahui keberadaan dan data jamaah yang akan menunaikan rukun Islam kelima.

Gelang yang diberi memiliki kode batang (barcode) itu dapat mengetahui keberadaan jamaah calon haji, kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumsel M Alfajri Zabidi melalui Kasubag Humas Saefuddin di Palembang, Kamis.

Menurut dia, nantinya setiap calon haji akan diberi gelang khusus supaya keberadaan mereka selalu terpantau.

Pemberian gelang tambahan itu merupakan program Pemerintah Arab Saudi, namun pembuatannya di Indonesia.

Menurut dia, gelang tersebut sebagai indentitas jamaah karena terkoneksi dengan panitia sehingga keberadaanya dapat dilihat.

Jadi jamaah yang memakai gelang tersebut bisa dilihat asalnya dari mana, kelompok terbang berapa termasuk pemondokan, ujar dia.

Gelang itu berfungsi dan dapat mengontrol keberadaan jamaah calon haji, kata dia.

Dia mengatakan, untuk Sumsel sendiri sekarang ini sudah selesai tiga kelompok terbang dan pembuatan terus berlanjut hingga semuanya rampung.

Yang jelas gelang tersebut untuk memudahkan petugas dalam memantau keberadaan jamaah, ujar dia.

Dengan adanya tambahan gelang itu berarti setiap calon haji ada dua gelang karena yang manual rutin dipakai selama ini tetap digunakan, kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga