Mendikbud: Pendidikan karakter harus dimulai sejak SD

id Muhadjir Effendy, pendidikan, sejak kecil, sd, karakter, sekolah dasar, penerus bangsa

Mendikbud: Pendidikan karakter harus dimulai sejak SD

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan karakter harus dimulai dari sekolah dasar supaya generasi penerus semakin kuat.

Jadi pendidikan mulai dari SD harus memiliki karakter dan itu harus terus ditanamkan, kata Menteri pada acara pertemuan dengan para guru dalam rangka peresmian penguatan pendidikan karakter di Ogan Ilir, Sumsel, Rabu.

Dia mengatakan, pendidikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan pertama harus bermuatan karakter, demikian juga untuk pendidikan tingkat tinggi.

Jadi mulai tahun ini Kemendikbud mulai melaunching penguatan pendidikan berkarakter, ujar dia.

Menteri mengatakan, ada empat program utama yang merujuk ke Nawacita sektor pendidikan yakni percepatan distribusi pada program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Lebih lanjut dia mengatakan, kedua revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menciptakan tenaga kerja trampil, selanjutnya peninjauan ujian nasional atau menerapkan ujian nasional dengan komputer.

Sementara yang terakhir implementasi pendidikan karakter, ujar dia.

Menurut dia, syarat utama pendidikan karakter yaitu menata guru dengan beban kerja minimal 24 jam.

Dengan pendidikan karakter ini guru harus berada ditengah-tengah siswanya, ujar dia.

Namun walaupun demikian Mendikbud juga berpesan agar guru tidak lupa mendidik anak sendiri sesuai dirinya mendidik siswanya di sekolah, tambah dia.