Manajer: Timnas fokus sejak awal SEA Games

id Endri Erawan, timnas indonesia, sepak bola, sea games. latihan, medali emas

Manajer: Timnas fokus sejak awal SEA Games

Dokumentasi- Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia mendapat menjalani sesi latihan di Lapangan Sepak bola Sekolah Pelita Harapan, Banten (ANTARA FOTO/Lucky R./Ang/kye)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Manajer tim nasional sepak bola U-22 Indonesia Endri Erawan meminta timnya fokus sejak pertandingan awal SEA Games 2017, Malaysia, yang akan melawan Thailand, demi meraih target emas.

"Mudah-mudahan apa yang terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-23 lalu tidak terulang. Ketika itu di laga pertama, anak-anak kurang fokus, tegang dan terlihat tidak menikmati pertandingan. Mungkin karena suasana turnamen," ujar Endri di Jakarta, Selasa.

Yang dimaksud Endri adalah ketika Timnas U-22 Indonesia bertanding di kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Bangkok, Thailand, pada Juli 2017. Di laga awal kompetisi itu, timnas U-22 ditaklukkan Malaysia dengan skor 3-0.

Itu menjadi satu-satunya kekalahan Indonesia di Bangkok karena di laga kedua timnas U-22 asuhan Luis Milla bisa menaklukkan Mongolia dengan skor telak 7-0 dan menahan imbang Thailand 0-0.

Kekalahan dari Malaysia itu menjadi penyebab utama Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di China, karena pada akhirnya hanya mengumpulkan empat poin di Grup H dan menempati posisi ketiga klasemen.

"Dengan bisa mengendalikan emosi, memainkan bola dengan tenang dan mengikuti instruksi pelatih, Indonesia berpeluang menang dari Thailand di pertandingan perdana SEA Games 2017," tutur Endri.

Dia melanjutkan, tim nasional U-22 akan berkumpul kembali pada Minggu (6/8) di Karawaci, Tangerang, untuk melakoni pemusatan latihan (TC) yang dimulai keesokan harinya.

Timnas U-22 dijadwalkan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (12/8) dan akan melakoni laga pertama di Grup B pada Selasa (15/8) melawan juara bertahan SEA Games, Thailand pukul 15.00 WIB.

Selain Indonesia dan Thailand, Grup B dihuni oleh Filipina, Timor Leste, Vietnam dan Kamboja.

Pertandingan kedua dilangsungkan pada Kamis (17/8) kontra Filipina, lalu dilanjutkan versus Timor Leste pada Minggu (20/8). Pertandingan Indonesia melawan Vietnam dan Kamboja masing-masing diadakan Selasa (22/8) dan Kamis (24/8).

Partai final cabang olahraga sepak bola putra sendiri dilaksanakan pada Selasa (29/8).